Cara Mengaktifkan Kembali Whatsapp yang Terblokir Permanen

  • 4 min read
  • Jul 07, 2021
Tutorial Cara Mengaktifkan Kembali Whatsapp yang Terblokir Permanen & Sementara

Salah satu masalah pengguna WhatsApp adalah akun yang terblokir. Pada artikel kali ini admin akan memberikan cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen ataupun yang dibanned sementara.

Kalau kamu mengalami masalah seperti akun WhatsApp diblokir sementara atau di-banned, alasannya biasanya sih karna kamu menggunakan WhatsApp illegal atau WhatsApp MOD yang tidak mendukung untuk digunakan pada gadget kamu.

Nah, sebenarnya cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir atau dibanned adalah bisa dengan kita segera menghubungi pusat bantuan WhatsApp untuk menghindari diblokir secara permanen seterusnya.

Dilansir dari situs pusat bantuan WhatsApp, jika akun WhatsApp punyamu terblokir maka bakal ada pesan pemberitahuan tentang seberapa lama akun tersebut dapat diakses lagi, biasanya 24 sampai 48 jam.

Nah, biar bisa mengaktifkan kembali akun yang dibanned atau terblokir, langsung saja uninstall WhatsApp ilegal dan unduh lalu install WhatsApp resmi dari PlayStore.

Untuk lebih jelasnya berikut admin Berotak bagikan beberapa tutorial cara mengaktifkan kembali WhatsApp yang terblokir permanen maupun yang dibanned sementara baik yang karena pakai WhatsApp MOD atau ilegal maupun yang enggak.

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

Cara ini untuk akun WhatsApp kamu yang diblokir permanen. Berikut langkah-langkah mengaktifkan kembali akun WhatsApp yang terblokir permanen:

  1. Pertama, uninstall atau hapus dulu aplikasi WhatsApp ilegal atau MOD di HP.
  2. Jika sudah, download & Install WhatsApp resmi dari PlayStore.
  3. Setelah diinstall, buka di HP.
  4. Selanjutnya masukkan nomor telepon untuk daftar akun WA.
  5. Kalo muncul peringatan nomor WhatsApp diblokir, pilih saja DUKUNGAN.
  6. Kemudian pilih Hubungi dukungan untuk bantuan.
  7. Lalu setelah masuk ke halaman Help / Bantuan, pilih opsi Contact us / Hubungi kami.
  8. Pada kolom Describe your problem, isi dengan penjelasan nomor HP kamu diblokir WhatsApp dan sertakan pula alasan kenapa melakukan tindakan yang menyebabkan nomor diblokir WA.
  9. Upload juga foto screenshot notifikasi nomor diblokir WhatsApp.
  10. Kemudian klik NEXT atau LANJUT.
  11. Tunggu saja pesan respon balasan dari pusat bantuan WhatsApp.
  12. Jika setelah lama bahkan berhari-hari tidak mendapat balasan, masuk ke halaman FAQ atau Pusat Bantuan.
  13. Kemudian pilih opsi paling bawah yaitu THIS DOES NOT ANSWER MY QUESTION / TIDAK MENJAWAB PERTANYAAN SAYA.
  14. Selanjutnya kirim pesan penjelasan jika nomor kamu diblokir WA ke alamat email dari pusat bantuan WhatsApp yang ditampilkan.
  15. Tunggu balasan dari pihak WhatsApp.
  16. Setelah dapat balasan, lakukan instruksi yang diminta pihak WhatsApp untuk mengaktifkan kembali WhatsApp kamu.
  17. Selesai.
Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen via Email

Jika cara sebelumnya belum berhasil, gunakan cara yang lainnya. Kamu bisa coba kirim email ke pihak WhatsApp dengan alamat android_web@support.whatsapp.com.

Dalam email yang kamu kirim, berikan penjelasan bahwa kamu tidak melakukan kesalahan dan kirim juga foto screenshot tampilan saat muncul notifikasi nomor WhatsApp diblokir.

Tunggu balasan dari pihak WhatsApp dan jika ada instruksi yang perlu dilakukan pada balasan emailnya, lakukan sesuai instruksi.

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Sementara

Untuk nomor WhatsApp yang terblokir sementara, biasanya terjadi pada kamu yang nomornya dilaporkan oleh orang lain atau yang menggunakan WhatsApp MOD (modifikasi) atau versi ilegal.

Pemblokiran biasanya cuma sementara, rentang waktunya hanya 24 jam hingga 48 jam. Setelah waktu yang ditentukan tersebut, nomor WhatsApp bisa digunakan lagi. Namun sebaiknya setelah masa blokir selesai, jika kamu sebelumnya menggunakan aplikasi WhatsApp MOD / versi ilegal, backup semua data di WhatsApp ilegal tersebut kemudian uninstall, lalu install aplikasi WhatsApp resmi dan restore / pulihkan semua data WhatsApp yang sebelumnya di backup.

Misalnya sebelumnya pakai GB WhatsApp, langkah-langkah caranya bakal seperti di bawah ini:

  1. Buka GB WhatsApp di HP.
  2. Pilih opsi Lainnya (ikon 3 titik di pojok kanan atas).
  3. Pilih menu Settings (Pengaturan).
  4. Pilih opsi Chats, lalu pilih Chat backup (Cadangkan chat).
  5. Setelah dibackup, masuk aplikasi File Manager di HP dan cari folder GBWhatsApp pada penyimpanan memori di HP.
  6. Setelah menemukan folder GBWhatsApp, ubah nama foldernya atau rename menjadi “WhatsApp“, tanpa tanda petik.
  7. Kemudian masuk ke menu Pengaturan (Settings) di HP dan uninstall / hapus aplikasi GB WhatsApp lewat menu Aplikasi di Pengaturan.
  8. Setelah berhasil diuninstall / dihapus, install aplikasi WhatsApp resmi dari Google PlayStore.
  9. Jika sudah install, buka aplikasi WA dan login ke akun WhatsApp kamu.
  10. Otomatis semua data backup dari GB WhatsApp di HP akan dimasukkan ke aplikasi WhatsApp resmi yang baru kamu instal karena folder aplikasi WhatsApp resmi bakal terinstal ke folder WhatsApp.
  11. Dan, kamu akan melihat semua backup chat di aplikasi WhatsApp yang kamu buka.
  12. Selesai.
Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Sementara

Tujuan dari uninstall aplikasi WhatsApp MOD atau yang ilegal dan beralih ke aplikasi WhatsApp resmi adalah agar di kemudian hari nomor WA kamu tidak diblokir atau dibanned lagi, apalagi sampai diblokir permanen selamanya. Jadi sebaiknya biar aman pakai saja aplikasi WhatsApp yang resmi atau legal.

Cara Mengembalikan Nomor WhatsApp yang Diblokir via Operator Seluler

Untuk cara yang satu ini, kamu menggunakan bantuan operator provider seluler dari nomor yang kamu gunakan untuk mendaftar WhatsApp. Ini berdasarkan pengalaman pribadi yang nomor WA yang lama tidak aktif, bisa dikembalikan pulih untuk digunakan meski semua data chat WA tidak pulih lagi, tapi nomor berhasil digunakan lagi.

Berikut langkah-langkah mengembalikan nomor WA yang diblokir:

  • Siapkan KTP asli kamu & Fotokopinya serta fotocopy Kartu Keluarga (KK) juga. 1-2 lembar.
  • Siapkan minimal 10 nomor yang biasanya dihubungi atau belakangan dihubungi kamu. Biasanya syarat yang ini diminta oleh operator Gerai Indosat.
  • Kemudian, datang ke Gerai Provider Seluler dari nomor HP kamu yang didaftarkan WhatsApp. Jika kamu pake nomor Telkomsel, silahkan ke GraPari atau Gerai Telkomsel. Jika nomor kamu XL, datang ke XL Center. Jika nomor kamu Indosat, datang ke Gerai Indosat.
  • Setelah datang ke Gerai Provider Seluler kamu, bilang saja bahwa kamu ingin mengaktifkan kembali nomor kamu yang tidak aktif. Jika ditanya ada apa dengan nomornya, bilang saja sinyalnya hilang dan tidak aktif atau keluar masa tenggang aktif.
  • Nanti operator di Gerainya akan meminta data nomor HP kamu serta meminta data KTP kamu, kadang juga diminta nomor KK juga. Biasanya kalo di Gerai Indosat juga diminta 10 nomor yang terakhir berkontak dengan nomor HP kamu, tapi ini biasanya Gerai Indosat yang kecil, kalo yang besar cuma minta data KTP dan nomor HP yang lama saja.
  • Kemudian pihak operator bakal mengurus pengaktifan ulang nomor HP kamu dan jika sudah akan memberikan kamu kartu SIM Card yang baru untuk dipakai.
  • Biaya pengaktifan kembali nomor HP beragam, ada yang gratis seperti di Telkomsel yang pernah saya coba dan ada yang sekitar 50 ribu seperti di XL Center yang mana 50 ribu akan dimasukkan sebagai biaya admin dan pulsa perdana di kartu barunya.
  • Setelah mendapat kartu SIM Card yang baru, kamu gunakan di HP kamu dan coba pakai nomornya untuk daftar akun WhatsApp kembali. Dan WAJIB menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi dari PlayStore.
  • Berdasarkan pengalaman admin yang 2 kali melakukan pengaktifan kembali nomor seperti ini, berhasil digunakan untuk mendaftar WhatsApp lagi. Padahal sebelumnya nomor WA admin ketika di lihat pada kontak WA di HP teman, tidak muncul alias sudah dihilangkan oleh pihak WhatsApp.
  • Selesai, semoga kalian juga berhasil mengaktifkan kembali nomor WAnya.

Akhir Kata

Demikian beberapa tutorial Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Terblokir Permanen, sementara dan juga mengembalikan nomor WA yang diblokir lewat bantuan Operator Provider Seluler. Semoga bermanfaat buat kamu semuanya yang ingin mengembalikan nomor WA yang dibanned atau diblokir pihak WhatsApp.

Jika kamu ada cara lain atau kendala serta masalah saat praktek tutorial di atas, bisa tulis di komentar bawah ya. Terima kasih.

Ohya, kalo kalian pengen nyoba melakukan video call WhatsApp lewat laptop, bisa coba baca panduannya di sini: Cara Video Call WhatsApp di Laptop.

Sumber Gambar postingan dan logo di thumbnail: Kuotareguler.com & Google Images

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *