WhatsApp Messenger
Handphone, Internet, Social Media

Apa Itu WhatsApp?

Buat kalian yang baru pakai smartphone pasti masih asing dengan apa saja yang ada di perangkatnya. Mungkin salah satunya adalah mengenai apa itu WhatsApp (WA). Mengingat banyak orang yang punya Smartphone pasti pakai WA. Tapi buat kalian yang awam pasti masih bingung tentang apa itu WA, belum paham apa kegunaannya, belum ngerti juga apa aja fiturnya. Tenang aja, karena kami kali ini akan bahas secara lengkap mengenai WhatsApp, bahkan sampai sejarah dibuatnya atau munculnya WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business.

Pengertian WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger atau WhatsApp dan yang biasa disebut WA adalah aplikasi yang berguna untuk kirim pesan secara GRATIS untuk Android ataupun Smartphone yang lainnya. WhatsApp menggunakan koneksi Internet ponsel kalian baik itu 4G / 3G / 2G / EDGE ataupun Wi-Fi yang tersedia untuk memungkinkan kalian mengirim pesan maupun menelepon teman atau keluarga.

Seperti yang disebutkan tadi, WhatsApp memakai koneksi Internet HP kamu yang tersedia untuk bisa mengirim pesan dan menelepon teman ataupun keluarga, jadi kamu tidak perlu membayar untuk setiap pesan atau panggilan yang dikirim seperti SMS biasa. Pun juga tidak ada biaya untuk berlangganan menggunakan WA. Untuk mendapatkan WhatsApp Messenger, kamu bisa menginstallnya dari Google Playstore di sini.

Apa Itu WhatsApp Bussiness?

Seperti yang disebutkan di situs resmi WhatsApp, WhatsApp Business adalah aplikasi kirim pesan gratis yang didesain dan berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger yang tersedia di Android ataupun iPhone, tetapi dibuat dengan mempertimbangkan pemilik bisnis kecil.

WhatsApp Business akan membuat interaksi kamu dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir dan membalas pesan dengan cepat. Untuk mendapatkan WhatsApp Business kalian bisa menginstallnya dari Playstore di sini.

Fitur- Fitur WhatsApp Messenger

Berikut fitur-fitur dari WhatsApp Messenger:

  • Mengirim pesan tulisan atau teks
  • Melakukan panggilan atau menelpon
  • Melakukan Video Call atau panggilan video bahkan Video Call sampai 8 orang secara bersamaan
  • Mengirim foto atau gambar baik dari galeri ataupun langsung dari kamera
  • Mengirim video yang ada di galeri
  • Mengirimkan berkas-berkas atau dokumen kantor dan yang lainnya
  • Mengirim pesan suara kalian yang dapat didengarkan oleh penerima setiap saat.
  • Berbagi lokasi memanfaatkan GPS dan Google Maps
  • Mengirimkan kontak yang ada di perangkat
  • Mengirimkan emoji atau emoticon dan juga stiker
  • Mengatur data profilnya sendiri, yang terdapat nama, foto, status serta beberapa fitur pengaturan privasi untuk melindungi profil
  • Membackup pesan yang ada di WhatsApp dan bisa dipulihkan atau restore kembali
  • Mengganti nomor yang terdaftar di akun WhatsApp
  • Dan berbagai fitur-fitur lainnya yang bisa kamu cari tahu sendiri setelah menginstallnya di Smartphonemu.

Fitur-Fitur WhatsApp Business:

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, pada dasarnya fitur-fitur dari WhatsApp Business sama dengan WhatsApp Messenger versi biasa, cuma pada WhatsApp Business ditambahi beberapa fitur seperti di bawah ini:

  • Profil bisnis untuk menyediakan daftar informasi penting, seperti alamat, email, dan situs web perusahaan.
  • Statistik untuk melihat berapa banyak pesan yang dikirim, disampaikan, dan dibaca.
  • Fitur perpesanan untuk memberi respons ke pelanggan dengan cepat.

Sejarah WhatsApp

Seperti yang di sebutkan di situs resmi WhatsApp dan Wikipedia, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton yang telah menghabiskan waktu 20 tahun sebagai karyawan di Yahoo.

Dengan modal uang sebanyak $400.000 yang dikumpulkan oleh Koum selama bekerja di Yahoo, dia menemui temanya yaitu Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai Apps Store (Toko Aplikasi) yang waktu itu masih baru berusia 7 bulan. Koum berpikir Apps Store ini menyimpan potensi yang bisa dimanfaatkan. Fishman kemudian membantu Koum untuk mencarikan pengembang aplikasi iPhone yang berasal dari Rusia yaitu Igor Solomennikov.

Meski saat itu WhatsApp Inc sudah berdiri, aplikasi WhatsApp masih jauh dari kata beres. Dalam beberapa percobaan, WA gagal berjalan dan crash saat dijalankan. Koum sempat putus asa dan ingin menutup perusahaannya, tapi Brian Acton menyemangatinya untuk tetap bertahan beberapa bulan lagi dulu.

Setelah melalui fase Beta yang lumayan panjang, pada bulan November 2009, akhirnya WhatsApp resmi diluncurkan di App Store dan memulai kiprahnya. Setelah diluncurkan di App Store, di bulan Januari 2010 WhatsApp akhirnya melebarkan kiprahnya di BlackBerry Store dan disusul juga pada Android di bulan Agustus 2010.

Walaupun WhatsApp berubah dari gratis ke berbayar, WhatsApp masih saja melejit pamornya dan hampir ada di semua platform. Pada bulan April 2014 saja pengguna aktif WhatsApp sebanyak 500 juta. Dan sekarang ini di tahun 2020, yang menginstall WhatsApp sendiri sudah mencapai 5 Miliar.

Ohiya, pada tahun 2014, Facebook resmi meminang WhatsApp dengan harga US$ 19 miliar. Meski sudah diakuisi Facebook, WhatsApp terus beroperasi sebagai aplikasi yang terpisah dari layanan Facebook dengan fokus untuk membangun layanan kirim pesan yang bekerja dengan cepat dan reliabel di mana pun di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *