Tutorial

Cara Unlock STB IndiHome Tanpa Membongkar Perangkatnya

Untuk kamu yang berlangganan paket internet IndiHome sekaligus TV di rumah, lebih baik kamu mengetahui cara unlock STB IndiHome. Perangkat STB merupakan singkatan dari Set Top Box yang merupakan perangkat tambahan dan bawaan langsung dari IndiHome. Sebagai perangkat tambahan, STB ini memiliki fungsi sebagai pengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara analog yang bisa dihubungkan dengan televisi.

Fungsi utama dari perangkat ini adalah menghubungkan TV yang digunakan pengguna IndiHome ke jaringan internet atau Wi-Fi. Dengan begitu, pelanggan yang menggunakan jasa internet IndiHome bisa menikmati layanan Usee TV dan OTT TV dari IndiHome di televisi mereka. Adapun beberapa fungsi lain dari perangkat STB adalah sebagai berikut.

  1. Menjadikan televisi sebagai Smart TV
  2. Membantu menginstal aplikasi menonton tambahan lainnya, seperti Netflix, MolaTV, Vidio, bahkan aplikasi game di televisi.
  3. Memberikan berbagai pilihan channel televisi, kecuali channel miliki MNC Group, yaitu Global TV, RCTI, dan MNC.
  4. Memungkinkan para penggunanya agar bisa menikmati beragam channel TV lainnya dengan kualitas yang jauh lebih jernih.

Cara Unlock STB IndiHome

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara unlock atau melakukan root pada STB IndiHome, kamu perlu tahu bahwa perangkat ini menggunakan sistem Android. Karena menggunakan sistem Android ini, kamu bisa menginstal beberapa aplikasi lain, seperti aplikasi streaming bahkan game. Sayangnya kamu tidak bisa senang karena bisa menginstal aplikasi lain begitu saja karena pihak IndiHome mengunci atau menutup beberapa akses tertentu sehingga kamu tidak dapat menginstalnya di televisi.

Tidak hanya itu, beberapa fitur tertentu lainnya juga dibatasi aksesnya oleh IndiHome. Oleh karena beberapa sebab ini, melakukan unlock atau root STB diperlukan. Tujuannya tidak lain agar para penggunanya bisa mengakses dan menikmati berbagai layanan dari sistem Android tersebut.

On Trending :  Begini Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum ! Wajib Tahu Sebelum Beli STB

Cara Melakukan Unlock atau Root pada STB IndiHome

Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan saat melakukan unlock atau root pada STB IndiHome dari persiapan hingga melakukan unlock itu sendiri, yaitu sebagai berikut.

  1. Hal pertama yang perlu kamu siapkan pastinya adalah perangkat STB IndiHome itu sendiri.
  2. Siapkan juga kabel USB male-to-male serta laptop atau komputer PC.
  3. Download dan instal aplikasi “USB Burning Tools” pada laptop atau komputer PC yang kamu miliki. Pastikan besar bit-nya sesuai dengan perangkat yang kamu miliki.
  4. Matikan daya perangkat STB IndiHome, lalu cabut kabel yang menempel pada perangkat, seperti kabel LAN, kabel daya (power), dan kabel HDMI.
  5. Jika sudah, ambil kabel USB yang sudah disiapkan tadi dan colokkan ke perangkat STB sambil buka aplikasi USB Burning Tools yang sudah diinstal tadi.
  6. Tekan dan tahan tombol daya (power) pada perangkat STB lalu colokkan kabel USB yang lain ke laptop atau komputer. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan “Connect Success” pada aplikasi USB Burning Tools.
  7. Buka aplikasi Command Prompt dengan membuka menu Start lalu mengetikkan CMD atau menekan tombol Windows + R pada keyboard lalu ketik CMD dan tekan tombol Enter.
  8. Selanjutnya, kamu perlu membuka folder tempat menyimpan file yang tadi diunduh. Pastikan kamu sudah mengekstrak file command_tools_update.rar. Jika belum, ekstrak file tersebut terlebih dahulu.
  9. Jika sudah, klik dan tahan lalu tarik ke aplikasi CMD yang sudah terbuka tadi. Tunggu beberapa saat sampai CMD selesai membaca isi folder tersebut secara otomatis.
  10. Selanjutnya, kamu perlu mengetikkan beberapa kode berikut ini secara berurutan. Perlu diingat bahwa satu baris hanya digunakan untuk satu kode saja. Pastikan juga kamu menuliskan kodenya secara benar agar proses unlock atau root berhasil. Berikut ini kode-kode yang perlu dimasukkan.

Update “reset”

Update bulkcmd “setenv-f EnableSelinuxPermissivie”

Update bullkcmd “saveenv”

Update partition boot BOOT.IMG

Update partition system dengan system.img

Update partiton conf dengan conf_mood

  1. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, kamu bisa mencabut kabel USB dari laptop atau komputer PC juga dari perangkat STB.
  2. Colokkan kembali kabel daya (power), kabel LAN, serta kabel HDMI ke perangkat STB IndiHome. Nyalakan dayanya dan pastikan perangkat STB tersambung ke televisi.
  3. Nyalakan televisi dan lihat apakah tampilan Android muncul di layar televisi yang kamu miliki tersebut. Jika tampilan Android muncul, maka proses unlock atau root tadi berhasil.
  4. Selanjutnya, kamu bisa menginstal aplikasi yang kamu inginkan. Sebagai tambahan, akan lebih baik jika kamu sudah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu da menyimpannya di flashdisk untuk selanjutnya diinstal di televisi. Hal ini bertujuan agar memori internal STB IndiHome tidak terisi terlalu cepat atau sampai penuh.
On Trending :  Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi STB Matrix Apple Tidak Berfungsi

Itu tadi cara unlock STB IndiHome yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu membuka atau membongkar perangkat STB-nya. Perlu diingat, pastikan kamu memasukkan kode-kode yang perlu dimasukkan di CMD tadi dengan benar agar proses unlock bisa berhasil. Selamat mencoba dan selamat menikmati berbagai aplikasi lainnya untuk bisa menonton channel TV favoritmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button