Tutorial

Begini Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum ! Wajib Tahu Sebelum Beli STB

Apabila Anda memperhatikan berita yang ramai akhir-akhir ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberhentikan siaran televisi analog, sehingga penting untuk mengetahui cara cek TV sudah digital atau belum. Banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan televisi tabung dan hanya bisa menangkap siaran televisi analog, sehingga hal ini tentu akan menyulitkan banyak orang. Lantas, bagaimanakah cara untuk mengecek status televisi kita?

Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum

Sebenarnya, cara yang perlu dilakukan untuk mengetahui status televisi apakah sudah digital atau belum ini sangat mudah. Ada beberapa cara alternatif yang bisa diterapkan untuk mengetahuinya, seperti yang ada di bawah ini.

1.      Mencari Tahu Spesifikasi Televisi

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk mengecek televisi adalah dengan mengetahui nama produk yang digunakan. Hal ini penting sehingga Anda bisa mencari tahu lebih lanjut spesifikasi yang dimiliki oleh televisi tersebut. Biasanya, spesifikasi tersebut tersedia di dalam buku pedoman yang berisikan informasi mengenai televisi.

Akan tetapi, apabila Anda sudah tidak memiliki buku pedoman tersebut, maka Anda bisa mencari tahu sendiri di internet. Caranya pun sederhana, masukkanlah nomor model televisi Anda pada mesin pencarian atau halaman resmi milik merek televisi itu. Nantinya, akan muncul secara lengkap spesifikasi televisi mulai dari tipe hingga seluruh detail informasi penting yang lainnya.

2.      Mengetes Saluran

Tidak hanya dengan mencari tahu spesifikasi, namun Anda juga bisa mencarinya dengan mengetes saluran yang ada di dalam televisi. Cara ini terbilang paling mudah dan simpel karena Anda tinggal mencari channel menggunakan remote televisi. Apabila nantinya muncul pilihan channel digital atau DTV, maka hal ini memiliki arti bahwa televisi tersebut sudah bisa menerima siaran digital.

On Trending :  Cara Paralel STB TV Digital, Pasang 1 STB Untuk 2 TV

Akan tetapi, jika tidak ada pilihan DTV hal tersebut memiliki arti bahwa televisi tersebut termasuk televisi analog karena televisi Anda tidak bisa memproses channel itu. Jika demikian, maka tidak ada pilihan selain menggunakan atau memanfaatkan keberadaan set top box yang nantinya bisa mengubah televisi agar mampu menangkap sinyal televisi digital.

3.      Cari Tahu Dari Situs Kementerian Komunikasi dan Informatika

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu status televisi melalui situs Kominfo yang resmi. Proses ini begitu mudah dan mampu membantu masyarakat dengan lebih cepat, dan caranya adalah seperti berikut ini.

  • Pertama, pastikan Anda memiliki jaringan internet yang berfungsi dengan baik sehingga situs bisa terbuka dengan baik. Kemudian, bukalah laman siarandigital.kominfo.go.id/ di mesin pencarian Google.
  • Setelah berada di laman tersebut, carilah menu “Perangkat TV Digital” dan selanjutnya klik pilihan “Televisi” pada menu “Pilih Kategori”.
  • Kemudian, isikan merek televisi yang Anda miliki beserta model atau tipenya. Jika merek dan tipenya termasuk ke dalam televisi yang bisa menerima siaran televisi digital maka akan muncul informasi yang menjelaskan bahwa televisi bisa menerima sinyal dengan baik.
  • Sebaliknya, apabila televisi tidak terdaftar maka akan muncul keterangan yang menjelaskan permohonan maaf bahwa televisi Anda tidak terdaftar pada database Kominfo atau belum ada sertifikasi perangkat.

4.      Periksa Fitur HDTV

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk cek TV sudah digital apa belum adalah dengan memeriksa fitur HDTV yang pada umumnya berada di dalam bodi televisi. Pada televisi yang mendukung siaran digital, nantinya akan terdapat jack input built-in HDTV, HD Ready, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, DTV, dan lain sebagainya. Apabila tidak menemukan salah satu dari label itu, maka sudah bisa dipastikan bahwa televisi Anda adalah televisi analog.

On Trending :  Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, Dijamin Berhasil

Kelebihan Televisi Digital

Memang banyak yang masih belum menerima pengumuman mendadak dari Kominfo, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja yang membuat televisi digital ini semakin diprioritaskan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari televisi digital dibandingkan dengan televisi analog.

  • Kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih nyaman dan lebih jernih untuk dilihat, berbeda dengan televisi analog yang memiliki tampilan buram seperti sekumpulan semut.
  • Televisi digital mampu mengurangi efek noise dengan lebih baik sehingga tidak hanya gambar yang jelas saja, namun suara yang dihasilkan oleh televisi ini juga lebih jelas dan tidak berisik.
  • Kelebihan utama dari televisi digital ini adalah mampu menampung banyak channel dalam satu paket, yang tidak bisa dirasakan apabila memakai televisi analog karena jumlah siaran yang jauh lebih terbatas dan hanya itu-itu saja.

Itulah cara cek TV sudah digital atau belum yang bisa Anda perhatikan. Apabila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang menggunakan televisi analog, maka lebih baik untuk segera mengganti televisi analog menjadi digital dengan memanfaatkan set top box. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan siaran dari berbagai channel yang sebelumnya tidak bisa dirasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button