Tutorial

Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB, Dijamin Berhasil

Baru-baru ini pemerintah melalui Kominfo melakukan pemberhentian siaran TV analog sehingga mau tidak mau masyarakat harus migrasi ke TV digital. TV Analog dapat menangkap sinyal digital menggunakan Set Top Box (STB). Namun, alat tersebut ternyata bukan satu-satunya cara. Ada cara nonton siaran TV digital tanpa STB  bagi kalian yang tidak punya Set Top Box. Dengan siaran TV digital,  penonton dapat menikmati kualitas gambar dan suara dengan lebih jernih dan bagus. Kedua, akan lebih banyak pilihan program TV berkualitas untuk ditonton.

Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB Tanpa Ribet

Fungsi STB adalah mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara sehingga bisa ditampilkan di TV analog. Lalu, bagaimana jika tidak ada STB? Apakah TV analog tetap bisa menampilkan siaran TV digital? Kalian jangan khawatir, karena tanpa STB pun, kalian tetap bisa menikmati siaran TV digital. Begini cara lengkapnya.

Cara paling mudah tentu dengan menggunakan TV yang didukung teknologi DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting. Jika sudah menggunakan perangkat ini tentu STB atau alat bantu lain tidak dibutuhkan.  Tetapi mungkin tidak semua orang tahu apakah TV mereka sudah berbasis digital atau belum. Cara mengetahuinya sangat mudah.

Baca juga Murah, Cara Membuat STB TV Digital Sendiri

Periksa Fitur atau Spesifikasi TV

TV digital memiliki beragam fitur yang mungkin tidak ditemukan di TV analog. Pada TV berbasis digital, ada beberapa fitur di bodi TV seperti HD Ready, jack input built-in HDTV, Digital Turner, Digital Receiver, dan lain-lain.

Agar lebih yakin, kalian bisa cek buku manual TV tersebut. Semua informasi tentang spesifikasi TV biasanya tertera jelas di sana. Paling gampang, cari saja tulisan DVB-T2. Jika ada tulisan tersebut, sudah pasti TV kalian adalah TV digital sehingga tak perlu repot memasang Set Top Box.

On Trending :  STB Welhome Apakah Bagus, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Cek TV di Situs Kominfo

Selain cara di atas, cara lain mengetahui apakah TV kita sudah digital atau belum adalah dengan memeriksa melalui situs Kominfo yaitu di halaman https://siarandigital.kominfo.go.id/. Berikut adalah langkah detail untuk mengecek TV digital di situs tersebut.

Baca dulu : Cara Mendapatkan Set Top Box Tv Digital Kominfo, Simak Caranya!

  • Pada halaman utama, ada 4 jenis layanan. Pilih layanan nomor 3 dari kiri yaitu ‘Perangkat Televisi’.
  • Di halaman sertifikasi perangkat, masukkan kategori perangkat (Televisi) pada kolom yang tersedia.
  • Tulis merek TV yang kalian gunakan pada kolom berikutnya. Akan muncul berbagai pilihan merek TV seperti MITO, Samsung, LG, Panasonic, dan sebagainya.
  • Setelah itu, akan muncul model/tipe TV dari merek yang kalian tulis pada kolom model/tipe TV. Jika model/tipe TV kalian muncul di sana, berarti TV tersebut bisa menangkap siaran TV digital. Misalnya untuk merek MITO, model/tipe yang akan muncul adalah MITO 5011 dan 3255.

Cari Saluran Digital

TV digital pasti secara otomatis dapat memunculkan channel digital. Jadi, kamu hanya perlu mencari channel tersebut menggunakan remote TV. Tekan tombol menu, kemudian pilih bagian ‘saluran’. Lalu, tekan OK untuk masuk ke opsi Pemindaian Saluran. TV akan memulai proses pemindaian saluran secara otomatis.

Bantuan Set Top Box Gratis

Dari penjelasan di atas, STB tidak dibutuhkan hanya jika kalian memiliki TV digital. Artinya, pengguna TV analog tetap membutuhkan alat tersebut. Sebagai informasi, Kominfo membagikan Set Top Box gratis bagi masyarakat. Tetapi, tidak semuanya berhak mendapat bantuan ini. Ada beberapa kriteria masyarakat yang ditetapkan sebagai penerima bantuan.

Pertama, penerima bantuan adalah masyarakat yang tergolong keluarga miskin ekstrem. Mereka harus memiliki TV analog, dan tinggal di tempat yang terkena pemadaman siaran analog. Selain itu, mereka harus sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

On Trending :  Set Top Box Luby Bagus Tidak, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi masyarakat mampu, pemerintah menghimbau untuk membeli STB secara mandiri. Harga STB di pasaran mulai dari 200ribu – 400ribu tergantung merek dan fitur yang ditawarkan. Semakin lengkap fitur, tentu harga semakin mahal.

Saat membeli STB, pastikan ada sertifikasi dari Kominfo untuk memastikan bahwa alat tersebut dapat digunakan. Ada 5 merek STB atau dekoder yang direkomendasikan yaitu Polytron, Akari, Venus, Ichiko, dan Nexmedia. Jangan lupa memeriksa model/tipe STB untuk masing-masing merek. Untuk STB Polytron, misalnya, ada 4 model yang sudah bersertifikasi Kominfo yaitu tipe PDV700T2, PDV 620T2, PDV 600T2, dan PDV 610T2.

Jika malas pasang STB, solusinya adalah membeli TV baru yang sudah digital. Harga TV digital di pasarang lumayan terjangkau, bahkan banyak TV digital dengan merek populer dibanderol dengan harga tak sampai 2 juta. Merek Polytron misalnya, mempunyai produk TV digital mulai Rp 1,8 jutaan untuk ukuran 32 inch.

Tentu saja, harga menyesuaikan ukuran layar dan fitur TV. Rata-rata TV ukuran 42 inch dengan fitur lengkap harganya sekitar 4 jutaan. Kesimpulannya, cara nonton siaran TV digital tanpa STB adalah dengan membeli TV baru berbasis digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button