Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

  • Whatsapp
Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Mudah

Lagi nyari Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung ya? Apalagi fitur keamanan adalah salah satu hal yang penting dari semua hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli Handphone baru. Khususnya HP Samsung yang baru kamu miliki. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari penipuan atau data yang bocor karena HP yang kamu miliki kurang aman. Oleh karena itu keamanan dan privasi merupakan sebuah kunci penting saat membeli HP

Bagi kamu pemilik HP Samsung, sudah banyak fitur keamanan yang ditawarkan oleh perusahaan yang satu ini. Salah satunya adalah penguncian aplikasi yang berada di HP Samsung milik kamu. Ada beberapa cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kamu gunakan serta coba sendiri. Pengen tahu gimana caranya? Berikut ini adalah cara yang bisa kamu pakai untuk mengunci aplikasi di HP Samsung milik kamu.

Bacaan Lainnya

3 Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Banyak sekali cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kamu lakukan, namun pada artikel ini hanya akan membagikan tiga trik jitu yang sudah pasti dapat digunakan oleh kamu. Salah satu alasan mengunci aplikasi adalah untuk menjaga privasi. Sehingga bagi kamu yang tidak ingin terganggu privasi-nya, maka kamu bisa menggunakan tiga cara ini agar dapat mengunci aplikasi milik kamu. Penasaran? Berikut ini adalah caranya admin Berotak bagikan.

1. Fitur S Secure

Fitur yang satu ini juga salah satu cara mengunci aplikasi yang dimiliki oleh Samsung. Cara yang satu ini uniknya akan mengamankan aplikasi dengan menghubungkan password utama atau password baru yang langsung mengunci aplikasi yang kamu pilih.

Aplikasi ini sudah tersedia secara langsung di HP Samsung kamu, namun jika memiliki versi yang lama maka kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Adapun cara menggunakan S Secure menjadi salah satu cara mengunci aplikasi di HP Samsung sebagai berikut:

  1. Buka S Secure yang sudah tersedia di Hp Samsung kamu. Jika belum ada, maka kamu bisa download secara langsung melalui Samsung
  2. Jika sudah kamu buka, tinggal kamu pilih lock Anda mask app untuk mengaktifkan penguncian pada aplikasi yang akan kamu pilih dan pastikan sudah aktif
  3. Pilih app lock type untuk memilih metode penguncian. Jika kamu tidak akan menggunakan password utama, maka kamu diminta untuk membuat password baru.
  4. Setelah melakukan setting tersebut, kamu tinggal menambahkan aplikasi yang ingin kamu kunci sebanyak apa yang kamu inginkan.
  5. Jika semua aplikasi sudah kamu pilih, klik selesai untuk membuat fitur S Secure ini aktif.

Pada fitur S Secure, kamu tidak hanya dapat mengunci aplikasi namun juga dapat menyembunyikan aplikasi yang kamu miliki. Untuk mengurungkan agar aplikasi dapat terbuka kembali tanpa menggunakan password, maka kamu bisa mengulangi cara tersebut untuk membuka kunci aplikasi.

2. Secure Folder

Cara yang satu ini merupakan cara mengunci aplikasi di HP Samsung tanpa aplikasi tambahan. Hal ini sangat menguntungkan kamu karena kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari aplikasi ketiga untuk mengunci aplikasi milik kamu. Adapun cara mengunci aplikasi ini menggunakan Secure Folder

Apa itu secure folder? Fitur ini merupakan buatan Samsung langsung yang berguna untuk meningkatkan keamanan yang dimiliki oleh HP Samsung milik kamu. Secure Folder merupakan fitur yang sudah ada di beberapa generasi HP Samsung terbaru saat ini sehingga kamu bisa langsung menggunakannya.

Cara kerjanya dari secure folder adalah dengan membuat ruang ter-enkripsi sehingga dapat dengan mudah menyembunyikan file atau aplikasi dengan aman. Berikut ini adalah cara penggunaan dari secure folder:

  1. Pertama, kamu masuk ke Pengaturan di HP Samsung milik kamu
  2. Kemudian kamu pilih Lock Screen and Security atau masuk ke Biometrics and Security
  3. Lalu kamu pilih menu Secure Folder
  4. Lalu kamu tekan selanjutnya pada halaman yang menjelaskan secure folder dan kamu nantinya akan menekan tombol mulai
  5. Kemudian kamu diminta untuk login di akun Samsung kamu. Jika kamu belum pernah login, maka cara mudahnya adalah kamu mendaftar terlebih dahulu
  6. Kemudian jika kamu sudah berhasil login, nantinya pada secure folder akan memberikan pilihan keamanan yang akan dilakukan seperti apa.
  7. Kemudian kamu pilih mode apapun untuk melakukan penguncian atau penyembunyian aplikasinya
  8. Kemudian kamu bisa klik selanjutnya pada pengaturan tersebut.
  9. Lalu kamu akan diarahkan dalam pembuatan kunci sesuai dengan metode yang kamu pilih sebelumnya dan kamu diminta untuk memasukkan ulang kunci yang kamu buat untuk melakukan konfirmasi.
  10. Tunggu prosesnya dan kamu akan mendapatkan secure folder milik kamu.
  11. Tambahkan aplikasi yang ingin kamu kunci di secure folder. Jika semuanya telah terpilih, maka kamu klik add untuk mengamankan aplikasi di secure folder milik kamu.

Semua aplikasi yang dipilih kamu untuk dimasukkan ke secure folder nantinya dapat digunakan dengan cara kamu harus login terlebih. Hal inilah yang menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan privasi melalui cara mengunci aplikasi di HP Samsung. Aplikasi yang satu ini berbeda dengan S Secure tapi wajib dicoba.

3. Menggunakan aplikasi bawaan ketiga

Jika kamu memiliki HP Samsung dengan memori internal yang kecil, maka kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya kamu bisa mengunduh aplikasi bawaan ketiga dari PlayStore. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa kamu gunakan sehingga kamu tidak perlu pusing harus ganti Hp demi mengamankan aplikasi yang kamu miliki.

Adapun contoh – contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah AppLock by IVYMOBILE, AppLock dari DoMobile Lab, dan aplikasi lainnya yang sekiranya cocok untuk HP kamu. Kamu bisa memilih sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing AppLock tersebut. Kali ini akan dibahas App Lock yang bisa kamu gunakan dari IVYMOBILE.

Cara menggunakan IVYMOBILE adalah sebagai berikut:

  1. Pasang atau install aplikasinya terlebih dahulu
  2. Jika sudah terpasang maka kamu tinggal buka aplikasinya dan tunggu loading dulu
  3. Kemudian akan ada tampilan aplikasi yang ada di HP Samsung kamu, kemudian centang aplikasi yang akan kamu kunci
  4. Jika sudah kamu centang, maka kamu klik set password
  5. Nantinya kamu akan diminta untuk membuat password dengan mode pola dan melakukan password lagi agar mengonfirmasi pola. Kemudian klik selesai
  6. Ketika ada permintaan izin penggunaan aplikasi, maka kamu bisa klik izinkan agar AppLock ini dapat kamu gunakan dengan baik.

Masih banyak lagi aplikasi ketiga yang bisa kamu gunakan dan caranya hampir sama pada setiap aplikasi. Perbedaannya adalah di fitur tambahannya yang harus kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Oleh karena itu kamu harus memilihnya dengan bijak.

Demikian pembahasan cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang bisa kamu lakukan di HP Samsung kamu. Cara ini bisa kamu gunakan sesuai dengan keinginan kamu. Bisa menggunakan aplikasi ketiga atau aplikasi bawaan yang menurut kamu lebih efisien dan aman. Hal terpenting adalah privasi dan keamanan kamu terjaga.

Ohya kalo HP Samsung kamu tipe J2 dan mengalami lupa akun google, bisa baca aja: Cara Mengatasi Samsung J2 Prime Lupa Akun Google.

Terus misal kamu ada cara lain yang beda dari di atas atau mendapat kendala saat praktek tutorial di atas, bisa tulis aja di komentar bawah ya. Terima kasih.

Sumber gambar logo di thumbnail: Google Images.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *