Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

  • 4 min read
  • Apr 25, 2021
Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

Lagi nyari cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi atau HP hidup sampai logo doang? Ponsel tiba-tiba mati sendiri? Kamu berada di artikel yang tepat, karna admin bakal berbagai tutorial untuk mengatasi HP Xiaomi mati sendiri. Apalagai masalah kayak gini bisa menggangu aktivitas saat kita baik saat mau mengoperasikan smartphone maupun buat aktivitas lainnya terkait HP.

Berdasarkan pengalaman pribadi admin yang juga pernah mengalami HP android Xiaomi tiba-tiba mendadak mati sendiri, admin akan menjelaskan dulu penyebab kenapa ponsel bisa mati sendiri agar kedepannya tidak terulang lagi. Baru setelahnya admin berikan tutorial mengatasinya.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri

Sebelum ke tutorial, kita perlu tahu dulu beberapa penyebab umum kenapa hp xiaomi mati hidup sendiri atau restart sendiri padahal kadang baterai penuh tapi malah tiba-tiba mati sendri atau nyala cuma mentok di logo.

Berikut beberapa penyebab umumnya HP Xiaomi tiba tiba hidup mati sendiri:

  • Kapasitas RAM HP Xiaomi yang habis,
  • Terdapat virus atau malware yang menginfeksi Aplikasi / sistem di HP,
  • CPU atau Prosesor mengalami overheat atau suhu terlalu tinggi,
  • Adanya file sistem atau aplikasi yang rusak,
  • Pernah melakukan Custom ROM abal-abal,
  • HP Xiaomi sudah dalam kondisi root,
  • Melakukan kesalahan saat flashing firmware Xiaomi,
  • Sering install aplikasi dari pihak tidak resmi, dan lain sebagainya.

Setelah kita tahu apa penyebab yang umum menjadi alasan ponsel Xiaomi kita tiba-tiba hidup mati sendiri, maka kita bisa langsung ke cara mengatasinya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Lagi

Untuk mengatasi hal ini kita tidak perlu panik untuk langsung melakukan reset HP Xiaomi, flashing HP Xiaomi ataupun cepat – cepat membawanya ke tempat service center HP Xiaomi. Kita bisa mulai dengan cara-cara sederhana dulu seperti dibawah ini baru ke langkah yang lebih bagus untuk mengatasi kerusakan yang mungkin parah.

Langkah-langkah mengatasi HP Xiaomi hidup mati sendiri:

1. Matikan Handphone

Matikan terlebih dahulu HP Smartphone Xiaomi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat diperbaiki.

2. Lepas SIM Card & Kartu Memori

Selanjutkan lepaskan kartu SIM Card & kartu memori HP jika slot-nya berada di bagian samping HP. Jika slot tempat SIM Card dan kartu memorinya berada di dalam HP maka lepaskan setelah casing / kesing HP dibuka.

Lepas SIM Card & Kartu Memori dari HP Xiaomi

3. Lepaskan Casing Handphone

Buka kesing / casing belakang HP Xiaomi kalian untuk bisa membuka bagian dalam HP nantinya. Agar lebih mudah membukanya buka melalui sisi dekat lubang koneksi charger.

Lepaskan Casing Handphone Xiaomi

4. Buka Penutup Mesin

Selanjutnya lepas semua baut / mur penutup mesin, setelahnya baru buka penutup mesin HPnya. Lakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati ya.

Lepaskan baut dan buka Penutup Mesin

5. Copot Baterai

Kemudian copot soket baterainya, baru setelahnya buka atau lepas baterai Xiaomi dari tempatnya.

Lepaskan soket baterai dan copot baterai HPnya

6. Ganti Baterai Baru

Setelah baterai dicopot, ganti dengan baterai yang baru. Harga baterai Xiaomi beragam, dari 30 ribuan – 100 ribuan. Cari baterai yang murah dulu untuk mengecek apakah ternyata masalah hidup mati itu akibat baterai atau bukan. Jika setelah pake baterai yang murah ternyata nyala lama dan normal kembali, baru beli bateri yang bagus. Yang bagus biasanya bersegel Nero harga kisaran 100 ribuan. Setelah bateri baru dipasang, jangan lupa pasang juga soket baterainya.

Ganti dengan Baterai Xiaomi yang Baru

7. Tutup Penutup Mesin

Setelah baterai baru terpasang beserta soket baterainya, tutup penutup mesin dan pasang kembali semua mur / baut dari penutup mesin Xiaomi HP kamu.

8. Pasang Kembali Casing

Setelah memasang penutup mesinnya, selanjutnya kamu tinggal pasang kembali casing HP Xiaomi kamu dengan benar.

9. Hidupkan Handphone

Setelah baterai, penutup mesin dan casing handphone terpasang kembali. Maka kita coba nyalakan kembali HP Xiaominya. Tunggu beberapa saat apakah hanya sampai logo Mi lalu mati lagi, ataukah sampai ke tampilan awal Xiaomi. Jika menyala sampai tampilan awal Xiaomi, kita coba lanjutkan gunakan, jika bertahan lama, artinya permasalahan HP hidup mati sendiri itu masalah dari baterainya.

Hidupkan Handphone Xiaomi kembali

Namun, jika ternyata HP ketika dinyalakan tidak menyala, berarti kemungkinannya ada kerusakan pada mesin / IC handphonenya. Kalau tidak nyala, bisa gunakan cara alternatif yang kami bagikan berikutnya di bawah.

PERHATIAN: Saat memasang baterai baru, disarankan dibawah tempat baterainya dikasih doble tip agar baterainya aman dan tidak goyang saat digunakan. Karena sering terjadi soket baterai sobek akibat dari pada saat pemasangan baterai tidak diberikan doble tip. Jika kurang paham cara pemasangan baterai baru dan bongkar pasangnya, bisa lihat pada video di bawah ini:

Cara Alternatif Mengatasi HP Xiaomi Hidup Mati Sendiri

Jika menggunakan cara sebelumnya yaitu dengan mengganti baterai dengan yang baru ternyata tidak berhasil juga, kamu bisa mencoba beberapa cara alternatif berikut ini.

1. Lakukan Hard Reset

Jika dengan cara mengganti baterai Xiaomi dengan yang baru ternyata tidak membuat HP menyala normal, bisa coba lakukan Hard Reset pada HP Xiaomi punyamu. Tapi sebelumnya pastikan kartu memori dan SIM Card sudah dilepas agar saat proses reset semua data di SIM Card ataupun kartu memori tidak ikut hilang karena ketika HP direset maka semua data hilang.

Hard reset dilakukan agar HP bis kembali ke tampilan awal pengaturan pabrik alias seperti baru keluar dari pabrik. Untuk cara reset ponselnya, jika HP kamu Xiaomi Redmi 5A, bisa baca: Cara Reset HP Xiaomi Redmi 5A. Cara reset ini juga bisa dipakai untuk mereset HP Xiaomi tipe yang lainnya.

2. Melakukan Flash HP Xiaomi

Kalau setelah melakukan ganti baterai ataupun hard reset dan HP masih saja mati hidup mati sendiri lagi atau cuma nyala sampe logo Mi doang, kamu bisa coba melakukan flash HP Xiaomi punyamu. Bisa jadi ketika sehabis melakukan instal ulang HP Xiaomi atau flashing, ternyata HP Xiaomi kamu bisa menyala normal kembali karena telah diinstal firmware yang baru.

Untuk cara flashingnya, jika HP kamu Xiaomi Redmi 4A, bisa baca: Cara Flash HP Xiaomi Redmi 4A. Tenang saja, caranya hampir sama kok untuk flash Xiaomi tipe yang lainnya. Untuk tipe Xiaomi yang lain, tinggal kamu cari ROM firmware Xiaomi sesuai tipe HP kamu saat mau flashing.

3. Bawa ke Tempat Servis

Jika beberapa cara di atas tidak ada yang berhasil membuat HP kamu menyala normal kembali, maka cara terakhir adalah membawanya ke tempat servis HP. Saran saya bawa ke tempat servis center Xiaomi ya jika masih ada garansinya. Jika tidak ya bawa ke tempat servis HP biasa aja. Biasanya kalo sudah ganti baterai, melakukan flash dan reset masih saja hidup mati sendiri, nanti paling disuruh ganti mesin atau IC ponselnya. Tapi jika di tempat servisnya sudah diklaim atau dikatakan gak bisa diperbaiki, maka relakan saja dan ganti dengan HP yang baru.

Demikian beberapa cara mengatasi HP Xiaomi hidup mati lagi sendiri untuk mengatasi HP cuma menyala sebentar lalu tiba-tiba mati sendiri atau mati hidup sendiri dan mentok di logo. Semoga berguna dan membantu HP Xiaomi kalian yang mengalami restart sendiri atau tiba-tiba mati sendiri.

Jika ada kendala atau masalah saat praktek cara di atas, bisa kamu tulis kendalanya di komentar bawah ya gaes. Terima kasih.

Ohya, kalo kamu lupa pola atau kunci pin saat membuka HP Xiaomi, bisa baca: Cara Mengatasi Lupa Pola HP Xiaomi. Dan kalo ternyata HP Xiaomi kamu yang hidup mati lagi sebenarnya habis kena air, bisa coba kamu baca: Cara Mengatasi HP Terkena Air.

Source Picture: Youtube FAN VANE

Source Logo in Thumbnail: Vectorstock.com

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *