Cara Mengatasi HP Terkena Air

  • 4 min read
  • Apr 24, 2021
Cara Mengatasi HP Terkena Air

HP terkena air? Terendam air laut? Awas! HP atau handphone yang ada di genggaman atau di saku tiba-tiba jatuh ke dalam genangan air, terendam air atau bahkan terkena tumpahan air minuman bisa seketika rusak jika tidak ditangani dengan benar. Apalagi resiko lainnya akibat handphone rusak, seperti ada data serta berbagai nomor kontak di HP yang ikut hilang ketika handphone diservis.

Ya memang udah banyak sih HP yang mendapat sertifikasi kemampuan tahan air, tapi tentunya masih ada HP yang belum dibekali kemampuan itu. Nah, maka dari itu, cara-cara di bawah ini sangat dianjurkan sekali kamu lakukan agar HP kamu bisa selamat saat terkena air.

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Jika HP kena air, tenang aja, gak usah panik. Saat handphone terkena air, lakukan langkah-langkah di bawah ini agar handphone kamu dan isinya tentunya masih bisa diselamatkan.

1. Evakuasi Handphone

Hal pertama yang wajib kamu lakukan setelah melihat HP terkena atau terendam air adalah mengevakuasi handphone. Kalo jatuh dalam genangan air, ambil secepatnya HP kamu sebelum air tambah merembes masuk ke dalam handphone. Kalo HP terkena tumpahan air, jauhkan segera dari area atau sumber air tersebut.

Dan jika handphone terkena air saat sedang di-charge, lepaskan dulu charger, baru langsung ambil handphonenya. Soalnya hal ini bisa berbahaya kalo kamu mengambil handphone saat kabel masih tercolok listrik. Jadi hati-hati jangan sampai tersetrum.

2. Matikan Handphone

Jika ponsel terkena air, kamu mungkin bakal langsung mengecek kondisi ponselmu itu karna panik. Tapi, sebaiknya untuk langsung mematikan ponselmu jika masih menyala.

Ini karena sifat air selalu bertolak belakang dengan segala perangkat elektronik, jika kamu masih menyalakan smartphone punyamu, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih besar.

Jadi alangkah baiknya untuk mematikan handphone beberapa waktu hingga terasa sudah kering semuanya dan normal kembali setelah terkena air.

3. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Setelah HP dimatikan, segera lepaskan baterai, SIM card, dan memory card yang terpasang di handphone kamu untuk mengamankannya serta mencegah kerusakan pada bagian-bagian tersebut. Lepaskan juga cover atau casing yang terpasang di handphone untuk membantu mengeringkan akibat HP terkena air. Jika untuk mengatasi HP yang terkena air tapi masih baterai tanam, cukup lepaskan SIM Card, memory dan casing pelindung ponselnya saja.

Lepaskan semua bagian HP jika terkena air

4. Keringkan Handphone

Hal yang harus dilakukan berikutnya setelah mengeluarkan semua bagian terpenting dari HP adalah mengeringkan bagian luar ponselmu, khususnya pada bagian LCD.

Bisa coba dengan menjemur handphonemu di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Tapi pastikan layar handphone membelakangi matahari, karena layar HP bisa rusak jika terkena cahaya matahari secara langsung. Layar LCD biasanya rusak setelah terkena air karena berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Kalau terlalu lama dibiarkan nanti muncul flek hitam di bagian LCD.

Jika ingin membersihkan dengan kain, kamu harus melakukannya dengan perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel. Sebab, jika ponsel semakin digerakkan, kemungkinannya air akan masuk ke area lebih dalam di komponen handphonemu. Khawatirnya ini malah berakibat menambah kerusakan ponselmu.

5. Gunakan Vacuum Cleaner

Admin sangat menyarankan, setelah HP kamu terkena air, jangan meniupnya. Hal tersebut khawatirnya malah membuat air masuk lebih dalam ke komponen handphone. Sebaiknya gunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner untuk mengeringkan ponselmu. Namun jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat dengan ponselmu, sebab vacuum cleaner mampu menghasilkan listrik statis yang bahkan bisa lebih berbahaya daripada air itu sendiri. Takutnya HP konslet kena air dan listrik dari vacuumnya jika terlalu dekat.

6. Masukkan ke Dalam Beras

Cara selanjutnya ambil satu kantong plastik beras lalu masukkan handphone, baterai, SIM card, memory card, dan komponen ponselmu lainnya yang sudah dilepas ke dalam kantong berisi beras sehingga semua air yang masih tersisa di dalam handphone akan diserap oleh beras dalam kantong tersebut. Bisa juga dengan ember kecil berisi beras lalu kubur HP dalam ember kecil berisi beras tersebut.

Kenapa demikian? Hal ini karena beras bersifat kering serta mudah menyerap air, jadi air yang ada di dalam handphonemu akan hilang dengan sendirinya. Usahakan ponselmu dikubur dalam beras selama minimal 2 hingga 3 hari. Cara mengatasi hp kemasukkan air dengan beras ini sudah cukup populer kok.

cara mengatasi hp masuk air dengan beras

7. Simpan Dalam Tumpukan Silika Gel

Selain menggunakan beras, kamu bisa menyimpannya dalam tumpukan silika gel. Caranya persis seperti saat menguburnya dalam kantong beras yaitu lepas semua bagian handphone yang bisa dilepas, kemudian masukan ke dalam tumpukan silika gel. Hal bermanfaat karena silika gel dan beras itu sama-sama mampu untuk membantu mengeringkan handphone yang terkena air.

8. Jangan Gunakan Hair Dryer

Dalam usaha mengeringkan HP yang terkena air, jangan pernah sekalipun gunakan hair dryer untuk mengeringkan. Penggunaan hair dryer malah akan meningkatkan resiko kerusakan pada komponen ponselmu. Ini disebabkan karna panas yang dihasilkan oleh hair dryer mampu membuat listrik di dalam handphone jadi membuat cepat naik suhu ponselmu.

9. Gunakan Kain Lembab

Apabila handphonemu terkena air laut, minuman beralkohol, ataupun cairan jenis lainnya, sebaiknya lap dulu HP kamu menggunakan kain yang lembab. Dalam hal ini, kain yang dimasukkan ke dalam air, lalu diperas.

Pastinya HP kamu akan kembali basah setelah dilap menggunakan kain lembab tersebut. Hal ini harus dilakukan karena air laut dapat menyebabkan korosi. Khawatirnya HP kamu bisa mengalami kerusakan jika air laut tidak dihilangkan dari bodi ponselmu. Maka dari itu, harus langsung diseka bodi serta layar HPnya dengan menggunakan kain yang lembab ya, gaes.

10. Nyalakan Kembali HP

Setelah mencoba berbagai cara di atas hidupkan kembali ponselmu, apakah masih bisa digunakan atau malah sudah tidak bisa menyala kembali.

Jika handphonemu sudah bisa dinyalakan kembali dan masih bisa digunakan dengan normal, saya ucapkan selamat. Tapi jika ponselmu tidak bisa menyala, relakan dan segera cari smartphone penggantinya atau coba dibawa ke tukang servis.

11. Lakukan Backup Data

Hal satu ini dilakukan jika HP kamu bisa menyala kembali dan bisa digunakan lagi. Lakukan backup atau melakukan cadangkan data di HP, khawatirnya efek dari HP terkena air masih ada dan dikemudian waktu tiba-tiba ponselmu rusak. Jadi sebaiknya setelah menyala lakukan backup data baik itu data yang ada di HP, SIM Card maupun yang ada di Memory card handphonemu.

12. Bawa ke Tempat Servis

Jika setelah HP bisa dinyalakan tetapi kamu khawatir bakal tiba-tiba rusak atau ternyata ponselmu tidak bisa menyala juga, kamu bisa coba membawanya ke tempat servis HP. Karena dikhawatirkan bisa jadi kerusakan timbul akibat terkena air memang tergolong parah, jadi ada baiknya serahkan saja pada ahlinya untuk mencoba mengecek dan memperbaiki HP kamu.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi HP terkena air agar terhindar dari HP yang rusak ataupun mati total terkena air. Buat kalian yang belum atau sudah mengalaminya sebaiknya perlu berhati-hati saat menggunakan HP dan menghindari penggunaan HP di area penuh air agar tidak terkena air.

Bisa juga gunakan pelindung HP untuk menghindari kemungkinan ponselmu terkena air. Gimana? Sudah lumayan membantukah cara-cara mengatasi HP terkena air di atas? Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya. Dan jika ada masalah atau kendala saat mencoba cara-cara di atas, tulis aja di komentar bawah ya.

Source Picture: Youtube BangRipiu & Syam Kapuk Android Tutorial

Source Logo in Thumbnail: Vectorstock.com

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *