Twitter
Social Media

Twitter

Buat kalian yang suka buka sosial media pasti tau Twitter? Tapi apasih sebenarnya Twitter? Apa fungsinya? Siapa pembuatnya? Dan bagaimana sejarah sampe adanya Twitter yang sekarang ini? Nah, berikut Berotak bagikan penjelasan selengkapnya tentang Twitter.

Pengertian Twitter

Twitter adalah sebuah layanan jejaring sosial (media sosial) berbasis internet atau online dan juga mikroblog yang memungkinkan penggunanya berkirim dan membaca pesan yang tidak lebih dari 280 karakter yang disebut sebagai tweet. Sebelumnya, pesan di Twitter cuma sampai 140 karakter, tapi pada tanggal 7 November 2017 ditambah menjadi sebanyak 280 karakter.

Pengguna Twitter sendiri bisa terdiri dari berbagai macam kalangan yang para penggunanya ini dapat berinteraksi dengan teman, keluarga hingga rekan kerja.

Tweet sendiri bisa terdiri dari pesan teks dan foto. Melalui tweet inilah pengguna Twitter dapat berinteraksi lebih dekat dengan pengguna Twitter lainnya dengan mengirimkan tentang apa yang sedang mereka pikirkan, apa yang sedang dilakukan, tentang kejadian yang baru saja terjadi, tentang berita terkini serta hal lainnya.

Sejarah Twitter

Twitter didirikan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams pada 21 Maret 2006 di San Francisco, Amerika Serikat. Twitter pertama kali diperkenalkan oleh Jack Dorsey pada sebuah acara diskusi yang diselenggarakan oleh Odeo (sebuah perusahaan podcast). Jack Dorsey adalah seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York yang mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dalam sebuah kelompok kecil sehingga timbul interaksi.

Jack Dorsey merupakan karyawan Odeo sedangkan Evan Williams dan Biz Stone berasal dari Google. Twitter sendiri pertama kali digunakan sebagai layanan internal untuk para karyawan Odeo dan versi lengkapnya dirilis ke publik pada 15 Juli 2006.

Pada akhir tahun 2006, Evan Williams, Biz Stone dan mantan karyawan Odeo lainnya, mendirikan sebuah perusahaan bernama Obvious Corp dengan mengakuisisi Odeo dan semua asetnya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari para pemegang saham dan investor. Awal pendirian Twitter dimulai dari perusahaan terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp dan berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007 dengan nama Twitter,Inc.

Nama (kode singkat) asli dari layanan ini adalah Twttr yaitu gagasan yang diungkapkan oleh Evan Williams yang terinspirasi dari Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang berjumlah lima digit. Awalnya, para developer memberikan angka “10958” sebagai kode singkat untuk layanan ini tetapi kemudian diubah menjadi “40404” agar mudah diingat. Projek ini mulai dikerjakan pada 21 Maret 2006 yaitu ketika Jack Dorsey mempublikasikan pesan singkat Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST.

Pada masa itu, pesan instan sangatlah populer seperti AOL Instant Messenger. Karena hal inilah, Jack Dorsey bertanya-tanya pada dirinya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk membuat sebuah layanan pesan instan/singkat. Dari situlah, ide Twitter berasal.

Adapun, konsep awal dari Twitter yaitu sebuah sistem yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang dapat dibaca semua teman. Setelah melalui beberapa revisi, akhirnya Twitter mampu menjadi layanan jejaring sosial dengan fitur posting pesan singkat atau status dan beberapa fitur menarik lainnya.

Twitter mulai populer pada tahun 2007 yaitu bertepatan saat diadakannya festival musik yang cukup populer yaitu South by Southwest (SXSW). Nah, selama proses acara tersebutlah, penggunaan Twitter mulai meningkat sebanyak 40.000 tweets per hari yaitu yang awalnya 20.000 tweets per hari menjadi 60.000 tweets per hari.

Fungsi Twitter

Fungsi Twitter sebenarnya sama seperti media sosial yang lainnya. Dikutip dari Mahirkomputer.com berikut beberapa Fungsi dari Twitter:

1. Media Komunikasi

Seperti media sosial lainnya, Twitter merupakan media komunikasi yang memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi. Dengan memanfaatkan Twitter, Anda dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain baik secara personal ataupun terbuka. Twitter menghubungkan pengguna yang satu dengan pengguna lainnya di berbagai belahan dunia, kapanpun dan dimanapun selama ada akses internet.

2. Berbagi Informasi, Berita dan Pendapat

Anda dapat berbagai informasi, berita, dan pendapat/opini Anda kepada para pengguna lainnya dengan membuat tweet. Buatlah tulisan Anda lalu klik tombol Tweet untuk mempostingnya. Anda juga dapat berbagi informasi, berita, dan opini dari akun pengguna lain dengan me-retweet tulisan tersebut.

3. Media Bisnis

Twitter dapat dijadikan sebagai media bisnis baik untuk promosi maupun pemesanan karena mampu menjangkau followers Anda. Anda hanya perlus menulis tweet mengenai bisnis Anda dan membagikannya ke publik.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu mengenai bisnis Anda dan akan menghubungi/mengomentari tweet Anda jika mereka tertarik. Bahkan, mereka bisa saja me-retweet nya sehingga informasi mengenai bisnis Anda menjangkau lebih banyak pengguna lainnya.

4. Hiburan

Seperti media sosial lainnya, Twitter juga dapat menjadi hiburan di waktu senggang. Anda dapat menemukan cerita menarik/lucu, video dan foto yang menghibur, serta informasi menarik lainnya untuk mengisi waktu luang Anda (refreshing).

Cara Menggunakan Twitter

Buat kalian yang masih awam atau pemula pasti belum tahu bagaimana cara menggunakan Twitter. Nah berikut kami sajikan cara menggunakan Twitter, dari melakukan Tweet, Melakukan Re-Tweet sampai berkirim pesan DM di Twitter.

1. Cara Melakukan Tweet

Tweet dapat berisi foto, GIF, video, tautan, dan teks. Berikut cara melakukan Tweet di Twitter:

  • Ketik Tweet Anda (hingga 280 karakter) di kotak buat Tweet pada bagian atas timeline beranda, atau klik tombol Tweet di panel navigasi.
  • Anda dapat menyertakan hingga 4 foto, GIF, atau video dalam Tweet.
  • Klik tombol Tweet untuk mengirim Tweet ke profil Anda.

Cara menghapus Tweet juga lumayan mudah, berikut caranya:

  • Pertama, kunjungi halaman Profil Anda.
  • Kemudian, cari Tweet yang ingin dihapus.
  • Klik ikon yang mirip ini: V
  • Klik Hapus Tweet.

2. Cara Melakukan Re-Tweet

Tweet yang Anda sebarkan secara publik ke pengikut Anda disebut sebagai Retweet. Ini merupakan cara yang bagus untuk meneruskan berita dan temuan menarik di Twitter. Anda memiliki pilihan untuk menambahkan komentar dan/atau media Anda sendiri sebelum menge-Retweet. Saat menggunakan ikon Retweet Twitter, Retweet Anda atau Retweet dengan komentar mereferensikan Tweet yang Anda sebarkan. Ketika seseorang membalas Retweet dengan komentar, penulis Tweet asli tidak akan otomatis ditambahkan pada percakapan. Jika Anda ingin menyertakan penulis Tweet asli, Anda harus menyebut nama pengguna mereka.

Selain menyebarkan Tweet orang lain di Twitter, Anda dapat me-Retweet atau me-Retweet dengan komentar dengan Tweet Anda sendiri. Fungsi ini berguna terutama saat Anda ingin memposting kembali salah satu Tweet lama yang saat ini kembali relevan, atau me-Retweet balasan Anda kepada orang lain bila Anda ingin memastikan semua pengikut Anda melihatnya. 

Re-Tweet juga sama sebenarnya dengan Tweet, dapat berisi foto, GIF, video, tautan, dan teks. Berikut cara melakukan Re-Tweet di Twitter:

  • Arahkan kursor pada Tweet yang ingin Anda sebarkan:
  • Klik tombol Retweet
  • Tampilan pop-up memperlihatkan Tweet yang hendak Anda Retweet.
  • Klik tombol Retweet.
  • Tweet kemudian disebarkan ke semua pengikut Anda sebagai Retweet.

Cara Membatalkan Re-Tweet sangat mudah berikut caranya:

  • Cari Retweet yang ingin dibatalkan.
  • Pilih Tombol Retweet.
  • Klik tombol Retweet dan Tweet akan dihapus dari timeline profil Anda.
  • Catatan: Membatalkan Retweet akan menghapus Tweet kutipan tersebut dari timeline orang lain, namun tetap akan muncul di perangkat seluler yang menampilkan timeline cache atau di lintas-posting pada situs pihak ketiga.

Jika ingin melakukan Re-Tweet dengan komentar, berikut Cara me-Retweet dengan komentar:

  • Arahkan kursor pada Tweet yang ingin Anda sebarkan.
  • Klik tombol Retweet
  • Tambahkan komentar Anda sendiri. Anda juga memiliki pilihan untuk menyertakan media. Pilih antara satu GIF, foto maksimum 4, atau satu video (Catatan: media dengan Retweet akan mulai diterapkan dalam beberapa mendatang untuk web, dan mungkin tidak tersedia dalam waktu dekat.)
  • Klik tombol Retweet.
  • Tweet kemudian disebarkan ke pengikut Anda sebagai Retweet dengan komentar.

Ada juga Cara menghapus Retweet yang ada komentarnya, berikut caranya:

  • Pertama, buka profil akun Twitter Anda.
  • Cari Retweet dengan komentar yang ingin dihapus.
  • Klik ikon
  • Klik Hapus Tweet.
  • Klik Hapus untuk mengonfirmasikan.

3. Cara Menggunakan Hashtag

Hashtag yang ditulis dengan simbol # digunakan untuk mengindeks kata kunci atau topik di Twitter. Fungsi ini dibuat di Twitter dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti topik yang mereka minati dengan mudah.

Menggunakan hashtag untuk menggolongkan Tweet berdasarkan kata kunci

  • Pengguna menggunakan simbol hashtag (#) sebelum kata kunci atau frasa yang relevan di Tweet untuk menggolongkan dan menampilkan Tweet tersebut di pencarian Twitter dengan lebih mudah.
  • Mengeklik atau menyentuh kata yang ber-hashtag di pesan apa pun akan menampilkan Tweet lain yang menyertakan hashtag tersebut.
  • Hashtag dapat disertakan di mana saja di Tweet.
  • Kata ber-hashtag yang menjadi sangat populer seringnya merupakan Topik Populer.

Contoh Tweet dengan menggunakan Hashtag

Berikut ini adalah contoh Tweet yang menggunakan Hashtag # :

Kiat Dalam Menggunakan Hashtag di Tweet

Berikut kiat-kiat dalam menggunakan Hashtag di Twitter:

  • Anda tidak dapat menambahkan spasi atau tanda baca di hashtag karena hashtag tidak akan berfungsi dengan benar.
  • Jika Anda menge-Tweet dengan hashtag di akun publik, siapa pun yang mencari hashtag tersebut dapat menemukan Tweet Anda.
  • Sebaiknya jangan gunakan lebih dari 2 hashtag per Tweet agar efektif, meskipun Anda dapat menggunakan hashtag di Tweet sebanyak yang diinginkan.
  • Ketik kata kunci ber-hashtag di bilah pencarian untuk menemukan konten dan akun berdasarkan minat Anda.

4. Cara Mengirim Pesan di Twitter Dengan Direct Message

Di Twitter, kalian bisa saling berkirim pesan atau chat antar akun Twitter yaitu melalui fitur Direct Message. Berikut kami jelaskan lebih lengkap mengenai Direct Message.

Dasar-Dasar Direct Message

Berikut hal-hal dasar dalam penggunaan Direct Message:

  • Anda dapat memulai percakapan non-publik atau membuat percakapan grup dengan siapa pun yang mengikuti Anda.
  • Siapa pun yang tidak Anda ikuti dapat mengirimi Anda Direct Message jika:
    • Anda telah memilih untuk menerima Direct Message dari siapa pun atau;
    • Anda telah mengirimi orang tersebut Direct Message sebelumnya.
  • Siapa pun dalam percakapan dapat mengirim Direct Message ke grup. Siapa pun dalam grup dapat melihat semua pesan, meskipun setiap peserta tidak mengikuti satu sama lain.
  • Dalam percakapan grup, siapa pun dalam percakapan dapat menambahkan peserta lain. Peserta yang baru ditambahkan tidak akan melihat riwayat percakapan sebelumnya.
  • Beberapa akun, terutama akun bisnis di Twitter, telah mengaktifkan pengaturan untuk menerima Direct Message dari siapa pun. Anda dapat mengirim Direct Message ke akun ini meskipun mereka tidak mengikuti Anda.
  • Anda tidak dapat melakukan percakapan dengan akun yang Anda blokir, baik dalam percakapan grup maupun pribadi.

Mengirim Direct Message dari Twitter untuk Android

Berikut cara mengirim Direct Message dari Twitter untuk pengguna Android:

  • Sentuh ikon amplop. Anda akan diarahkan ke pesan.
  • Sentuh ikon pesan  untuk membuat pesan baru.
  • Di kotak alamat, masukkan nama atau @namapengguna orang yang ingin Anda kirimi pesan. Pesan grup dapat dikirim hingga ke 50 orang.
  • Masukkan pesan.
  • Selain teks, Anda dapat menyertakan foto, video, atau GIF lewat Direct Message.
    • Sentuh ikon foto  untuk mengambil foto atau merekam video, atau melampirkan salah satu foto dari galeri di perangkat. Anda memiliki pilihan untuk mengedit foto melalui Twitter untuk iOS atau Twitter untuk Android sebelum mengirim pesan Anda. Sentuh foto untuk menampilkan layar pengeditan tempat Anda dapat memperbesar, memotong, menerapkan filter. Ketika Anda selesai mengedit, sentuh Simpan
    • Untuk menyertakan GIF animasi di pesan Anda, sentuh ikon GIF  untuk mencari dan memilih file dari pustaka media.
  • Sentuh ikon kirim.

Mengirim Direct Message dari Twitter untuk iOS

Berikut cara mengirim Direct Message dari Twitter untuk pengguna iOS:

  1. Sentuh ikon amplop. Anda akan diarahkan ke pesan.
  2. Sentuh ikon pesan bergambar amplop untuk membuat pesan baru.
  3. Di kotak alamat, masukkan nama atau @namapengguna orang yang ingin Anda kirimi pesan. Pesan grup dapat dikirim hingga ke 50 orang.
  4. Masukkan pesan.
  5. Selain teks, Anda dapat menyertakan foto, video, atau GIF lewat Direct Message. Dari bilah buat pesan, atau ikon plus  Anda dapat mengakses pilihan berikut:
    • Sentuh ikon foto yang bergambar lukisan untuk mengambil foto atau merekam video, atau melampirkan salah satu foto dari galeri di perangkat. Anda memiliki pilihan untuk mengedit foto sebelum mengirim pesan Anda. Sentuh foto untuk menampilkan layar pengeditan tempat Anda dapat memperbesar, memotong, menerapkan filter. Bila telah selesai mengedit, sentuh Simpan.
    • Untuk menambahkan Live Photo iOS sebagai GIF, tambahkan foto Anda, lalu sentuh lencana GIF di sudut kanan bawah Live Photo iOS.
    • Untuk menyertakan GIF animasi di pesan Anda, sentuh ikon GIF untuk mencari dan memilih file dari pustaka media.
  6. Untuk mengirimkan pesan Anda, sentuh ikon pesawat kertas atau seperti ujung anak panah.

Kesimpulan

Nah, demikian penjelasan mengenai Twitter, dari pengertiannya, fungsinya, sejarahnya sampai dengan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat. Mungkin Twitter memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kalian rasakan, tetapi paling tidak Twitter bisa membantu kalian sebagai sosial media untuk berinteraksi dengan orang lain secara online.

Jika kalian ada komentar tambahan mengenai Twitter atau kendala seputar praktek penggunaan Twitter di atas, bisa kalian tulis di kolom komentar bawah ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *