MUDAH! Cara Jadi Dropshipper di Shopee Tanpa Modal

  • 5 min read
  • Jan 14, 2022
Cara Jadi Dropshipper di Shopee Tanpa Modal

Cara jadi dropship di Shopee tanpa modal bukanlah suatu hal baru jaman sekarang. Pastinya kita udah banyak yang tahu ada banyak orang yang mulai bisnis dengan dengan menjadi dropship atau jualan online, bahkan tanpa modal ketika pertama kali memulai bisnis tersebut. Nah, buat kamu yang pengen tahun cara mendapatkan penghasilan dari Shopee dengan menjadi dropshipper, serta memulainya tanpa modal sama sekali, bisa simak tutorialnya di artikel ini.

Buat yang belum tahu, bisnis dropship adalah model bisnis dengan cara kita menjual produk punya orang lain. Nah kalo dropshipper adalah orang yang melakukan dropship alian yang menawarkan produk milik orang lain kepada para pembeli tanpa harus mempunyai barang yang dijual terlebih dahulu.

Saat kamu menjadi dropshipper kemudian mendapatkan pesanan dari calon pembeli, makan nanti kamu harus memesan produk dulu ke supplier berupa produk yang sebelumnya ditawarkan. Nantinya pesanan akan dikirim langsung kepada pembeli dari supplier menuju tempat si pembeli yang telah melakukan pemesanan produk tersebut.

Lebih jelasnya, berikut sedikit ulasan atau gambaran mengenai bagaimana cara menjadi seorang dropshipper tanpa harus mengeluarkan modal yang mahal atau banyak.

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Pertama, sebelum kamu mau mulai bisnis menjadi dropshipper, tentukan dulu produk apa yang mau dijual. Kemudian kamu juga perlu tahu siapa target pembeli dari produk yang kamu jual.

Tips dari admin, mulailah bisnis ini dengan memilih produk yang sedang trend atau populer. Produk seperti ini biasanya sudah memiliki pasar sendiri sehingga sangat mungkin penjualan yang kamu lakukan bakal bisa laku keras.

2. Tentukan Supplier Yang Berkualitas

Biar pembeli nantinya gak merasa kecewa, pilihlah supplier produk yang memiliki komitmen membuat produk yang berkualitas. Jika tidak, pembeli nantinya bakal menerima produk yang kualitasnya yang lebih jelek dan yang pasti merasa malas untuk membeli kembali atau repeat order.

3. Sesuaikan Harga

Ketika mulai menjadi dropshipper, perlu juga cari tahu harga produk yang akan kita jual di pasaran. Kamu harus pintar-pintar menentukan harga. Ini bisa mempengaruhi pembeli jika ingin membeli produk dalam jumlah yang banyak atau porsi partai besar. Tapi kamu juga harus memperhitungkan besarnya persentase keuntungan agar bisnismu tetap mendapatkan pemasukan atau keuntungan yang sehat, jangan malah jadi rugi hanya karna banting harga biar dapet pelanggan.

4. Mulai Buka Toko

Jika kamu sudah mendapatkan produk yang akan dijual, lalu memilih supplier berkualitas, serta telah menentukan harga jual produk, tinggal selanjutnya kamu cuma perlu membuka toko. Kamu dapat membuka toko tanpa perlu modal untuk buka ruko di pasar atau tempat tinggalmu dengan memanfaatkan internet atau tempat jual beli online. Salah satunya adalah dengan membuka toko di Shopee yang memang tidak membutuhkan modal sama sekali untuk buka toko di situs e-commerce atau marketplace ini.

5. Lakukan Promosi

Promosi adalah strategi bisnis yang perlu dilakukan seorang dropshipper agar produk terjual. Kamu bisa lakukan promosi dengan membuat diskon atau potongan harga untuk beberapa produk yang dijual. Di samping itu, kamu juga bisa coba layanan gratis ongkos kirim yang sekarang ini banyak disediakan oleh pihak Shopee untuk para penjual di Shopee ataupun para pembeli. Bisa juga kamu coba lakukan promosi produk kamu dengan menyebarkan produk yang kamu jual di sosial media seperti Facebook atau Instagram.

Nah, seperti itu bagaimana cara menjadi seorang dropshipper tanpa membutuhkan modal sama sekali. Dengan kalian menentukan produk dan supplier yang berkualitas serta tepat maka nantinya kamu dapat memulai bisnis dengan keuntungan yang bisa kamu bayangkan sendiri.

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Kamu juga dapat memanfaatkan situs marketplace atau e-commerce untuk membuka toko online tanpa perlu mengeluarkan modal seperti di Shopee. Kalian dapat membuat toko online hanya dalam waktu singkat dan dengan mudah melakukannya. Kalau kalian pengen segera menjalankan bisnis sebagai dropshipper, ikuti langkah-langkah cara jadi dropship di Shopee tanpa modal berikut ini:

1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama adalah membuat akun di Shopee. Ini penting karena tanpa akun Shopee maka kalian gak akan bisa membuka toko di situs marketplace tersebut untuk jual beli online. Caranya mudah, kamu tinggal buka situs Shopee dengan menggunakan aplikasi Shopee di HP smartphone.

Jika sudah masuk Shopee, tinggal pilih daftar. Lalu lakukan pengisian formulir pendaftaran dengan berbagai data yang diperlukan, seperti nomor telepon yang aktif untuk mendapatkan kode verifikasi ke nomor yang didaftarkan.

Setelah mendapatkan kode verifikasi, tinggal masukkan ke kolom yang tersedia. Kemudian tinggal isi username, password, dan kode captcha. Dan berikutnya tinggal klik DAFTAR.

2. Buka Toko Shopee

Jika sudah membuat akun Shopee, kamu bisa segera membuka toko punyamu sendiri. Caranya tinggal pilih menu Jual di Shopee. Kemudian, masukkan email, nomor telepon atau username yang telah dibuat saat melakukan pendaftaran beserta password, lalu tinggal klik login.

Pada halaman beranda, klik menu Setting dan klik profil toko. Kamu bisa memasukkan nama toko dan usahakan namanya buat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian pembeli. Pasang foto atau gambar untuk toko punyamu yang harus menarik juga.

Disamping itu, kamu juga perlu mengisi deskripsi toko sehingga pembeli nanti tahu seperti apa detail tentang toko milikmu tersebut. Jika sudah tinggal klik saja Simpan dan toko di Shopee telah berhasil dibuat.

3. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa coba aktifkan fitur Promo Gratis Ongkir yang merupakan fitur yang sangat disukai oleh pengguna Shopee. Kamu dapat menggunakan fitur satu ini untuk toko milikmu jadi para pembeli bakal tertarik membeli di toko milikmu sebab tidak perlu membayar biaya ongkir alias jadi gratis ongkir.

Cara mengaktifkan Gratis Ongkir adalah dengan mengupload foto diri dan KTP. Lalu pastikan foto yang kamu upload terlihat jelas dan bagus supaya lancar dan sukses saat melakukan verifikasi. Setelah verifikasi, maka toko milikmu bakal mempunyai promo gratis ongkir.

4. Lengkapi Data Rekening Bank

Berikutnya kamu juga perlu melengkapi data rekening bank supaya nantinya hasil penjualan bisa masuk ke rekening milikmu. Cara memasukkannya dengan masuk ke bagian Pengaturan toko lalu pilih kartu atau rekening bank. Kemudian masukkan password akun Shopee biar kamu bisa login.

Jika sudah masuk, tambahkan rekening bank yang kemudian kamu isidengan data detail mengenai bank milikmu, seperti nama sesuai rekening, nomor rekening, nama bank, cabang, kota/kabupaten, lalu klik berikutnya dan lengkapi formulir sesuai dengan data. Setelahnya, tinggal klik Oke.

5. Lengkapi Alamat Toko

Sebagai dropshipper, langkah berikutnya kamu harus melengkapi alamat toko online yang ada di Shopee. Pastikan alamat toko sama persis dengan alamat toko milik supplier produk yang kamu jual. Penting melakukan ini biar tidak terjadi perbedaan biaya kirim. Jika alamat berbeda nanti bakal berakibat perbedaan ongkos kirim.

6. Pilih Jasa Pengiriman

Langkah berikutnya, kamu perlu memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang sama seperti supplier produkmu pilih. Tujuannya masih sama yaitu supaya biaya ongkir tidak berbeda dengan biaya ongkir dari supplier.

7. Upload Produk

Jika langkah-langkah sebelumnya telah dilakukan, berikutnya adalah melakukan upload produk yang akan dijual. Caranya tinggal masuk ke halaman Penjual lalu lakukan login, kemudian klik di bagian produk saya dan tambah produk baru yang akan dijual.

Jangan lupa upload gambar produk tersebut karena pembeli membutuhkan tampilan gambar bentuk barangnya seperti apa. Masukkan juga nama produk dan deskripsi lengkap produk yang kamu jual serta pilih kategori dari produk yang kamu jual.

Kemudian kamu masukkan harga produk serta jumlah stok barang yang tersedia untuk dijual. Lalu pilih jasa pengiriman dan kamu juga bisa menentukan apakah bisa pre-order atau tidak. Kemudian pilih juga kondisi barang apakah baru atau bekas.

Kalian bisa juga memasukkan SKU atau biarkan saja kosong tidak diisi. Selanjutnya, tinggal klik Simpan dan tampilkan. Maka, produk kamu sudah berhasil upload dan tinggal menunggu pembeli melihatnya.

8. Lakukan Promosi

Setelah gambar dan detial produk kamu upload di Shopee, maka proses belum selesai. Kamu harus perlu melakukan promosi produkmu tersebut. Kamu bisa bagikan link penjualan produkmu atau detail jualanmu yang ada di Shopee lewat Sosial media seperti Facebook atau Instagram secara gratis agar semakin besar kemungkinan produk milikmu di Shopee terjual.

Saran dari admin, bisa kamu coba jual juga produk kamu di Shopee lewat fitur Facebook Marketplace ataupun fitur Shop di Instagram. Semua fitur tersebut Free alias Gratis. Jadi bisa kamu coba agar jualan online kamu semakin laris.

Akhir Kata

Jika kalian telah melakukan semua tutorial di atas, maka tinggal menunggu pembeli saja. Memang cara jadi dropship di Shopee tanpa modal sepertinya remeh temeh karena tidaklah sulit dan lumayan mudah, tapi jika kalian konsisten promosi dan upload produk serta kerja keras, insyaaAllh tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan cara seperti di atas.

Ohya, jika ada kendala atau masalah saat praktek cara di atas ataupun ada hal yang mau ditanyakan, silahkan tulis saja di kolom komentar bawah ya. Terima kasih.

Terus kalo kamu pengen nyoba Shopee Affiliate Program buat dapetin penghasilan selain dari Dropship, bisa baca tutorialnya di sini: Cara Menggunakan Shopee Affiliate Program.

Source logo in thumbnail: Vectorstock

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *