AplikasiHandphoneInsightSocial Media

BERHASIL! 10 Cara Dapat Duit Dari TikTok Untuk Pemula

Cara dapat duit dari TikTok untuk pemula pastinya dicari oleh kalian yang pengen tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok mengingat aplikasi ini lagi viral dan banyak penggunanya kan?

Tenang saja, karena admin Berotak bakal bagikan tutorialnya pada kalian di artikel kali ini. Apalagi sekarang ini aplikasi TikTok banyak sekali penggunanya dari kalangan anak muda sampai orang tua paruh baya pun rasanya juga menggunakan aplikasi TikTok ini.

Nah, hal tersebutlah karena banyak pengguna TikTok, maka sudah pasti platform TikTok bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan cuan. Lalu bagaimana caranya buat yang pemula dan masih baru menggunakan aplikasi jejaring sosial berbagi video ini?

Tenang, simak aja berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula ataupun yang sudah sering menggunakan aplikasi ini.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Buat kalian yang penasaran gimana cara menghasilkan uang dari aplikasi TikTok, berikut admin bagikan beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa dicoba mengutip dari situs niagahoster.co.id:

1. Jualan di TikTok

Mungkin buat yang masih awam menggunakan TikTok bertanya-tanya, kan aplikasi ini buat lihat video-video menarik, kok malah buat jualan sih? Emang bisa?

Bisa aja sih, apalagi sekarang udah ada fitur terbaru yang bernama TikTok Shop serta kamu bisa mendaftar sebagai TikTok Shop Seller, jadi nanti bisa jualan lewat TikTok untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Jika gak tahu cara jadi TikTok Shop Seller bisa simak panduannya di sini: Cara Daftar TikTok Shop Seller. Serta buat yang pengen mengaktifkan fitur TikTok Shop bisa lihat caranya di sini: Cara Mengaktifkan TikTok Shop.

Setelah daftar dan mengaktifkan TikTok Shop, kamu bisa mulai membuat konten di TikTok untuk mempromosikan produkmu yang dijual. Jika kontennya banyak yang lihat atau viral, siap-siap deh dapet cuan duit banyak dari hasil jualan di TikTok.

Kamu juga bisa mencoba TikTok Affiliate untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok. Untuk cara daftarnya, bisa simak di sini: Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers.

2. Sponsored Content Post

Sponsored Content Post adalah kamu sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu. Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok. Dari sana, akan terlihat apakah followers kamu cocok alias target market dari brand.

Bisa dibilang, ini adalah cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling tepat untuk kamu yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, pastikan kamu harus berusaha menaikkan followers di TikTok.

On Trending :  12+ Aplikasi Binary Option Terbaik di HP Sudah OJK

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan yaitu menjadi TikTok Manager. Cara kerjanya, kamu mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat.

Sasarannya pun bukan hanya content creator, tetapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi:

  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement;
  • Mengatur strategi content marketing;
  • Mengembangkan ide kreatif konten TikTok;
  • Mengelola tawaran kerja sama, dll.
    Cara ini cocok untuk kamu yang paham seluk beluk dunia marketing.

Cara ini cocok untuk kamu yang paham seluk beluk dunia marketing. Di TikTok, tidak menutup kemungkinan untuk viral hanya dalam waktu semalam. Agar cara dapat uang di TikTok makin ciamik, maka sebagai TikTok Manager, kamu perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing di Internet atau Youtube juga bisa.

4. TikTok Marketing

TikTok marketing ditujukan bagi kamu pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads. Sama halnya dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan kamu “terlihat” oleh sasaran yang kamu inginkan.

Misalnya, bisnis kamu berada dibidang kuliner, maka iklan yang diperlihatkan ke user yang memiliki minat yang sama. Hal itu dapat terjadi karena TikTok merekam semua histori tontonan user untuk memberikan iklan yang lebih personal.

Selain targeting ke audiens yang tepat, algoritma TikTok juga rutin melakukan remarketing. Jadi, iklan akan ditampilkan kembali ke audiens yang telah berinteraksi dengan iklan kamu sebelumnya. Cara ini memungkinkan audiens lebih familiar dengan brand kamu dan tertarik membeli produk yang kamu iklankan.

5. Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok. Pada umumnya profesi ini dikenal dengan nama Agensi Influencer. Biasanya agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Sebenarnya, TikTok sudah memiliki platform khusus untuk Creator Marketplace. Di sana terdapat fitur spesifik yang bekerja sama dengan influencer. Namun biasanya, biaya yang harus dikeluarkan lumayan besar. Karena harus dibagi dengan pihak influencer, pembuatan konten, hingga komisi bagi TikTok sendiri.

Nah, di situlah kamu dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok. Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini.

Info menarik: Di Indonesia, agensi influencer masih sangat jarang lho! Dengan tingginya pengguna TikTok di Indonesia, peluangnya masih terbuka lebar. Kalian bisa mencontoh konsep agensi yang digunakan oleh sociallypowerful.com.

On Trending :  Cara Download Musicallydown Capcut Tanpa Tanda Air

6. Donasi atau Payout Coins

Untuk yang satu ini adalah cara mendapatkan uang dari TikTok kalau followers kamu sudah tinggi atau banyak. Salah satunya dari “donasi” yang diberikan fans saat kamu live streaming di TikTok.

Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang. Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok. Jadi, usahakan membuat konten yang bermanfaat ya!

Lalu, Kenapa stiker tersebut bisa diuangkan? Ya, karena para fans kamu mendapatkan stiker tersebut dengan membelinya juga.

Jika kamu sudah punya banyak followers, bisa coba langsung melakukan live streaming di TikTok, ini dia tutorial caranya: Cara Live di TikTok Dengan Mudah

7. TikTok Influencer

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling digemari adalah menjadi influencer. Selain popularitas, TikTok influencer bisa menghasilkan uang dalam berbagai kesempatan, misalnya:

  • Sponsored content post.
  • Brand ambassador. Misalnya Deddy Corbuzier yang dijadikan brand ambassador jasa pengiriman J&T Express.
  • Marketing afiliasi.
  • Endorsement, dan lainnya.

Untuk menjadi TikTok influencer tentunya memerlukan beberapa strategi. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Khaby Lame.

Dengan ide konten kreatif, ekspresi yang menarik, dan tentunya konsistensi, mengantarkan Khabe Lame yang tadinya seorang TikTokers biasa, menjadi influencer dengan followers 90,2 juta!

Sebagai influencer, Khaby Lame pun berhasil mendapatkan uang dari TikTok hingga 2,7 juta dolar. Lihat, cara dapat uang di TikTok sangat menakjubkan, kan?

8. Jual Beli Akun TikTok

Jika kamu sudah mahir dalam membangun engagement dengan followers, maka cara terbaik menghasilkan uang di TikTok adalah jual beli akun.

Emangnya bisa? Gimana sih cara dapat duit dari TikTok dengan cara yang satu ini?

Konsepnya sangat simpel, yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Pertama, membuat akun dengan minat pada topik tertentu,
  • Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement,
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama,
  • Setelah akun menjadi besar, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.

Karena target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka. Sedangkan, kamu sudah membangun akun lengkap dengan followers yang sesuai kebutuhan brand. Ibaratnya, kamu membantu brand dengan target marketnya bertemu.

Win-win solution bagi kamu, followers, dan pemilik bisnis, bukan?

Cara ini sudah lazim dilakukan, karena masih belum banyak brand yang bisa menghandle akun dari nol.
Apalagi, kamu bisa membuat akun sebanyak yang kamu mampu. Kamu bisa bereksperimen membangun community marketing dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat. Dengan begitu, semakin banyak juga akun yang bisa kamu jual nantinya.

On Trending :  6 Cara Download Video TikTok Yang Tidak Bisa Di Download

Sebagai tambahan, kamu dapat mendisplay akun yang Anda jual di website khusus agar lebih berkesan profesional. Atau jika kamu bisa membuat website sendiri untuk menjual akun TikTok, bisa kamu jual di situs marketplace seperti Shopee.co.id, P-Store.net, dan Tokopedia.com.

9. Promosi Musik

Buat kalian yang berada di dunia musik untuk bekerja, TikTok bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang ampuh. Sebab, sebagian besar konten di TikTok dapat diiringi dengan musik tertentu.

Apa kalian pernah dengar lagu “To The Bone” milik Pamungkas? Lagu tersebut adalah salah satu contoh promosi musik yang berhasil viral melalui TikTok.

Lagu tersebut berhasil tenar karena digunakan dalam banyak sekali video TikTok. Efek lainnya, lagu telah diputar di Spotify hingga 1,9 juta kali!

Gimana? Ide cara dapat duit dari TikTok yang satu ini keren juga kan?

10. Mengarahkan Trafik dari TikTok ke Platform Lain

Kamu content creator dari luar TikTok? Nah, kenapa tidak mencoba TikTok untuk mempromosikan konten kamu?

Apalagi, caranya cukup mudah, hanya dengan menautkan link ke konten di platform lain seperti Instagram dan YouTube. Dengan begitu, akan banyak orang yang mengunjungi platform kamu lainnya, setelah melihat video TikTok kamu.

Hal ini juga bisa kamu untuk website atau blog. Kamu cukup menambahkan link di bio TikTok kamu yang mengarahkan ke website yang menjadi sumber pendapatan kamu.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan traffic dari audiens TikTok. Secara tidak langsung, strategi ini juga merupakan cara mendapat uang dari TikTok, kan?

Untuk contohnya sendiri, apakah kamu pernah menonton video viral YouTube Diwan Makan Bakso? Tahu YouTuber anak-anak bernama Diwan? Dulu sebenarnya aktifnya adalah membuat konten di Instagram, lalu mereka mengarahkan pengunjung Instagram untuk dibawa ke Channel Youtube mereka. Dan akhirnya… Channel Youtube mereka video-videonya mendapat penonton yang sangat banyak sekali dan tak jarang viral.

Nah, seperti itulah bagaimana contoh mengarahkan traffic ke platform lain agar kita mendapat keuntungan.

Demikian di atas, bagaimana Cara Dapat Duit Dari TikTok Untuk Pemula yang semoga saja bisa membantu kalian yang pengen banget tahu cara mendapatkan uang dari TikTok.

Jika kamu punya cara yang lain atau ada yang mau ingin ditanyakan, silahkan tulis saja di kolom komentar bawah ya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button