Editing

Cara Memperlambat Video di CapCut dan Slowmo Agar Tidak Pecah-Pecah

Cara memperlambat video di CapCut atau lebih dikenal dengan efek slowmo alias slow motion kini sering digunakan untuk menambah tingkat kekerenan dari hasil edit video. Slow motion menjadi salah satu cara edit paling populer di kalangan pengguna TikTok dan platform media sosial lainnya. Selain itu, efek ini banyak dijumpai mulai dari video biasa hingga video pendek atau shorts.

Tidak sedikit orang yang ingin mengetahui cara membuat video dengan efek slow motion ini hal itu terlihat dari tingginya pencarian kata kunci Cara slowmo di capcut. Tanpa berlama-lama, berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengedit video dengan efek diperlambat atau slow motion di Capcut.

Cara Memperlambat Video di CapCut

Sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan membahas cara memperlambat video dengan menggunakan aplikasi edit video CapCut. Mengapa CapCut? Karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video yang paling banyak diunduh dan digunakan oleh pemula atau pengguna device mobile agar lebih praktis dan mudah.

Baca juga : Cara Download Musicallydown Capcut Tanpa Tanda Air

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali fitur menarik seperti Split, Speed, Effects dan masih banyak lagi. Sehingga hasil edit videomu nantinya akan lebih variatif dan menarik. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara slowmo di CapCut tidak patah-patah.

Tambahkan Video ke CapCut

  1. Buka aplikasi CapCut terlebih dahulu,
  2. Lalu pilih opsi Proyek Baru,
  3. Lanjut cari video yang ingin diberikan efek slow motion dan ketuk tombol Tambah,
  4. Hilangkan scene yang tidak kamu inginkan dengan opsi crop terlebih dahulu,
  5. Kemudian ketuk tombol Tambah,
  6. Video yang ingin kamu edit pun akan masuk di aplikasi CapCut dan siap diberikan efek slow motion.

Lakukan Split Scene Video

  1. Cari scene video awal yang ingin ditambahkan efek slow motion,
  2. Jika sudah ditambahkan kemudian ketuk opsi Edit,
  3. Pilih opsi Bagi atau Split,
  4. Cari scene akhir video yang akan ditambahkan efek slow motion,
  5. Jika sudah ketuk lagi opsi Edit,
  6. Pilih opsi Bagi untuk menandai scene akhir,
  7. Nantinya akan ada scene dari hasil split video awal dan akhir tadi.
On Trending :  Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark Terbaik di HP

Mengatur Kecepatan Scene

  1. Arahkan cursor timeline di bagian scene,
  2. Kemudian pilih opsi Edit,
  3. Lalu ketuk Kecepatan atau Speed,
  4. Kemudian ketuk opsi Normal,
  5. Atur kecepatannya menjadi 0.3x lalu tekan Centang,
  6. Cek preview video terlebih dahulu, jika sudah maka kamu bisa atur agar sesuai,

Simpan Hasilnya

  1. Atur Resolusi dan Tingkat Bingkai (Frame Rate per Second) sesuai kebutuhan,
  2. Kemudian ketuk tombol Upload atau Unggah,
  3. Tunggu proses ekspor tergantung dengan durasi serta kualitas video yang kamu pilih,
  4. Jika sudah berhasil tersimpan, maka proses penyimpanan pun selesai.

Tips Agar Hasil Edit Slow Motion Bagus Tidak patah-patah

Poin utama saat memperlambat Video di CapCut adalah membuat video yang smooth dan tidak patah-patah. Untuk menghindari hasil video yang tidak pas atau transisi patah-patah karena alasan konfigurasi, kamu bisa coba menerapkan tips berikut ini.

Jangan Mengatur Kecepatan Terlalu Kecil

Cara smooth video di Capcut yang pertama yaitu kita atur kecepatan transisi video. Hindari untuk mengatur kecepatan terlalu kecil. Ukuran kecepatan yang pas untuk membuat efek slow motion yakni sekitar 0.3 – 0.5 kali saja. Jika kamu memaksa konfigurasi kecepatannya di bawah itu, maka hasil video itu bergerak terlalu lambat dan terkesan patah-patah.

Tambahkan Efek yang Pas

Salah satu efek yang disarankan untuk menutupi patah-patah yakni efek Khayalan 2 atau Unreal 2. Sebab efek ini akan membuat video memiliki bayangan dari gerakan yang ada di dalamnya dan efek slow motion pun menjadi tampak lebih halus.

Gunakan Efek Slowmo di Scene Tertentu Saja

Tips berikutnya adalah hindari memasang efek slow motion di semua scene pada video, kamu hanya perlu menambahkan di scene tertentu saja. Seperti contohnya pada scene-scene unik dan menarik agar efek slow motion ini lebih terlihat jelas dan on point.

Tingkatkan Frame Rate

Dan tips yang terakhir, kamu dapat meningkatkan frame rate sebelum melakukan ekspor video. Biasanya frame rate yang disarankan untuk membuat efek slow motion yakni 48 sampai 100 fps. Fungsi frame rate yakni merupakan salah satu konfigurasi untuk dapat mengatur kualitas gerakan gambar pada hasil video.

On Trending :  Cara Menjadi Creator Capcut, dan Digaji di Capcut

Semakin tinggi jumlah frame rate, maka akan semakin jelas dan banyak pula gerakan yang bisa kamu lihat dalam video tersebut. Jika video slow motion memiliki frame rate tinggi, maka video tersebut nantinya akan tampak sangat halus.

Demikian pembahasan mengenai cara memperlambat video di CapCut beserta tips agar hasilnya tidak pecah-pecah. Pastikan kamu mengingat beberapa hal penting di atas agar hasilnya jadi keren dan bisa kamu bagikan di jejaring media sosial seperti TikTok, Reels Instagram, Reels YouTube dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button