Cara Memperbaiki Wifi Laptop Yang Tidak Bisa Connect

  • 5 min read
  • Okt 25, 2021
Cara Memperbaiki Wifi Laptop Yang Tidak Bisa Connect di Windows 10, 8 dan 7

Cara memperbaiki masalah WiFi di laptop yang tidak bisa connect atau tidak terdeteksi di Windows 10, 8 ataupun 7 dan yang lainnya pasti sangat dibutuhkan oleh kalian yang saat menggunakan laptop, tiba-tiba laptop tidak bis connect hotspot atau Wifi.

Masalah WiFi seperti ini sering sekali terjadi pada perangkat laptop dan pastinya kamu kesel kan kalau lagi buru-buru mau selesaikan kerjaan misal ngirim e-mail ke bos atau dosen, eh tiba-tiba WiFi laptop tidak bisa connect atau nyambung? Nah, makanya pada artikel kali ini admin Berotak bakal kasih kalian cara mengatasi masalah WiFi rusak di laptop atau cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect.

Meski masalah WiFi di laptop seringkali hanya karena drivernya yang bermasalah, tapi bisa juga perangkat WiFi dari laptop kalian yang sudah rusak ataupun harus diganti. Namun jangan buru-buru dulu diservis. Coba kalian cek dulu berbagai cara memperbaiki masalah Wifi di laptop berikut ini dari Berotak karena siapa tau ada yang berhasil mengatasi masalah Wifi di laptop kalian. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek Nyala WiFi Laptop

Mungkin kedengaran sih remeh. Tapi anehnya, banyak orang yang sudah stres dan emosi karena WiFi-nya nggak mau konek atau nyambung, bahkan sampai update status marah segala. Padahal, masalahnya cuma satu yaitu WiFi di laptopnya lupa belum dinyalain. Coba cek Wifi kamu, siapa tau belum dinyalain makanya belum konek ke Wifi.

Untuk cara menyalakan Wifi nya sendiri berbeda-beda, tergantung tipe Laptop yang dipakai kalian. Namun, biasanya sih cukup menekan tombol FN dengan tombol antara F1 sampai F12 secara bersamaan. Kalau di laptop ASUS milik admin, cukup dengan menekan tombol FN dan F2 secara bersamaan, maka Wifi sudah bisa aktif nyala.

Sederhana dan kelihatan sepele bukan, tapi bisa mengatasi masalah Wifi laptopmu.

2. Cek Password dan Modem

Kalian coba cek modem atau router yang digunakan sudah menyala atau belum. Lalu cek password-nya benar atau tidak. Cek juga sudah berapa perangkat yang terkoneksi, dan coba menggunakan perangkat lain siapa tau bisa terkoneksi.

3. Tombol WiFi Laptop Rusak

Saat menyalakan WiFi di laptop, kita biasanya menggunakan kombinasi menekan tombol Fn dengan F2, atau tombol lainnya tergantung merk dan tipe laptop masing-masing. Selain menggunakan kombinasi tombol tersebut, ada juga laptop yang disertai tombol khusus untuk menyalakan serta mematikan koneksi WiFi.

Tombol ini bisa saja mengalami rusak hingga saat kalian pencet berkali-kali, WiFI tak menyala ataupun terkoneksi. Nah, buat mengatasi ini, kalian bisa menyalakan adapter WiFi secara manual lewat Control Panel. Berikut caranya:

  1. Pertama, buka Control Panel, lalu pilih pengaturan: “Network and Sharing Center”.
  2. Kemudian di kolom yang sebelah kiri, pilihlah “Change adapter settings”.
  3. Pilihlah adapter WiFi kalian, lalu klik -> “Enable this network device”.
  4. Selanjutnya restart laptop kamu. Setelah laptopmu nyala kembali, seharusnya WiFi kalian sudah bisa menyala kembali dengan normal.

4. Driver Wifi Bermasalah

Tidak sedikit kasus ketika Driver WiFi di laptop bermasalah, sehingga mendapat masalah WiFi tidak bisa dijalankan dengan baik. Untuk mengatasi masalah Wifi kayak gini, kalian tinggal install ulang saja Driver WiFi-nya.

Driver WiFi ini biasanya ada di CD yang disertakan dalam pembelian laptop. Atau kalau misal CD-nya udah hilang entah dimana, kalian bisa download Driver-nya di website resmi perangkat WiFi laptopmu.

Tapi sebelumnya, kalian harus tahu dulu merk serta tipe perangkat WiFi laptop kalian. Mengeceknya cukup mudah, kalian bisa pakai Piriform Speccy. Download di halaman ini.

Setelah kalian download, install, terus buka Piriform Speccy, klik di bagian Network. Nanti kelihatan merk dan tipe perangkat wireless adapter kalian apa.

Nah, sekarang tugas kalian tinggal cari di Driver Wifi-nya di website resminya, Googling aja nanti juga ketemu. Lalu install drivernya, semoga mengatasi masalah Wifi kalian.

5. Uninstall Driver WIFI di Device Manager

Sudah diinstall kenapa mesti dihapus lagi? Ini beda dengan langkah sebelumnya. Driver yang dimaksud di sini adalah driver yang terdeteksi di Device Manager Laptop kalian. Jadi nanti setelah diuninstall akan secara otomatis menginstall kembali, keren bukan?

Begini caranya Untuk Memperbaiki Masalah Laptop dengan Uninstall driver Wifi di Device Manager :

  1. Pertama, pada kolom search Windows > Ketik: Device Manager > Lalu buka Device Manager.
  2. Lalu cari Driver WIFI Laptop kalian di Opsi “Network adapters” > Klik kanan di mouse > Dan klik Uninstall.
  3. Selanjutnya restartlah laptop kalian. Jika sudah nyala kembali cek Wifi kalian, seharusnya sudah bisa konek Wifi dan masalah Wifi nya sudah hilang.

6. Pastikan WIFI Dalam Keadaan Enable

Meski gak sering, WIFI yang masih disabled ini juga bisa membuat WIFI kalian hilang dan tidak terkoneksi dengan laptop. Biasanya WIFI disabled ini tidak kita ketahui terjadinya karena apa.

Efek dari WIFI yang Disabled ini membuat Laptop kalian jadi gak bisa menangkap sinyal WIFI apapun apalagi terkoneksi dengan Wifi. Dan biasanya sih ditandai dengan tanda silang merah di gambar icon koneksi wifi laptop kalian.

Cara mengatasinya gampang, kalian buka Control Panel >> lalu pilih “Network And Internet” >> Pilih “Network And Sharing Center” >> Lalu pilih “Change Adapter Settings” (Di bagian kiri) >> Kalian cek di Driver WIFI kalian lalu klik Enable This Network Device.

7. Ganti Channel Router Wifi

Di pengaturan router yang ada di halaman admin Wifi misalnya IndiHome, kita dapat melakukan pengaturan dengan cukup banyak opsi didalamnya, salah satunya adalah opsi Channel.

Secara default sih Channel pada router biasanya akan tersetting Auto. Cobalah kalian ganti Channel tersebut ke opsi yang lain, contohnya ‘Channel Baru’ lalu save.

Setelah itu tinggal restart laptopmu, siapa tau setelah laptop nyala kembali Wifinya bisa terkoneksi kembali. Cara ini bisa dibilang lumayan efektif. Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba cara ini.

8. Install Ulang Windows Kalian

Sebelumnya Admin jelaskan kadang driver bermasalah, nah mungkin saja kalau sistemnya juga mengalami bermasalah.

Jika kalian yakin masalahnya ada di sistemnya tapi gak tahu persisnya apa, kalian bisa coba melakukan Install ulang Windows kalian.

Kami sendiri sudah mencoba cara ini beberapa kali dan selalu berhasil memperbaiki wifi di laptop yang hilang, rusak ataupun tidak berfungsi. Buat kamu yang pakai windows 10, untuk cara install ulangnya bisa baca panduannya di sini: Cara Install Windows 10.

Perlu diingat, pastikanlah kalau versi Windows yang bakal diinstal dan dipakai sudah sesuai dengan versi driver WIFI laptopmu. Sebab kalau enggak, nanti drivernya tidak bisa berjalan dengan baik, dan malah akan menyebabkan WIFi jadi sulit terdeteksi atau tidak berfungsi.

9. Pengaturan WIFI Service

Beda dari driver yang bermasalah sebelumnya, yang dimaksud di sini adalah service WIFI yang berjalan di sistem Windowsnya.

Pengecekan Wifi Service ini didapat dari seorang member di forum Microsoft yang berbagi cara mengatasi masalah Wifi di Windows. Jadi mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Berikat langkahnya :

  1. Pertama, di kolom search Windows > Ketik ‘service’ > Lalu buka Service.
  2. Kemudian scroll ke bawah, cari WLAN AutoConfig di daftar service > Setelah ketemu klik kanan di mouse > Lalu pilih properties.
  3. Ubahlah pengaturan Startup type menjadi Automatic > Serta pastikanlah Service Status-nya sudah dalam keadaan Started ataupun Running.
  4. Jika sudah, coba nyalakan kembali WIFInya atau bisa restart dulu laptopnya setelah nyala cek Wifi laptomu mungkin sudah bisa digunakan kembali.

10. Matikan Airplane Mode di Laptop

Pastikan kalau laptopmu tidak sedang dalam kondisi Airplane Mode alias dalam kondisi off Airplane Modenya. Jika Airplane Mode di laptop kalian aktif, matikan atau nonaktifkan terlebih dahulu agar bisa terkoneksi dengan Wifi dan internet. Hal seperti ini biasanya sering terjadi pada laptop dengan Operating System (OS) Windows 8 dan 10 ke atas yang mempunyai Airplane Mode atau Mode Pesawat.

11. Pakai WiFi Adapter Portable

Ini solusi cukup sederhana yang paling praktis dan gampang banget untuk mengatasi masalah wifi laptopmu yang tidak berfungsi. Kalau misal perangkat WiFi kalian sudah benar-benar rusak, udah deh mendingan kalian beli aja WiFi dongle USB. Alat ini fungsinya menggantikan wireless adapter di laptop kamu dengan cara yang sangat simpel.

Kalian cuma tinggal colokin aja Wifi dongle USB kecil ini di port USB laptop kamu. Selanjutnya tinggal install Driver-nya dan jadi deh. Laptopmu udah bisa menggunakan WiFi lagi seperti semula.

Harga Wifi dongle USB sendiri lumayan terjangkau, bahkan ada yang seharga cuma 35 ribuan. Namun Admin saranin beli yang bagus aja meski agak mahal karena selain lebih awet juga kecepatannya juga pastinya lebih besar, sehingga kalian bisa internetan dengan nyaman dan lancar.

Akhir Kata

Demikian tadi berbagai Cara Memperbaiki Masalah WiFi Rusak di Laptop yang tidak bisa connect atau tidak terdeteksi di Windows 10, 8 dan 7 yang sering dihadapi kebanyakan orang. Masalah-masalah terkait Wifi sebenarnya bisa ditangani dengan cara yang sederhana jika kita bisa mendeteksi masalahnya. Jadi, nggak perlu buru-buru langsung klaim garansi ataupun ke tempat servis ya untuk mengatasi masalah Wifi laptopmu.

Nah, misal kalian pernah mengalami masalah lain tentang WiFi di laptop kalian dan caranya lebih gampang dalam mengatasinya, silahkan kalian tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

Ohya, untuk kalian yang ingin menghapus aplikasi di laptop yang mungkin saja membuat WiFi kalian bermasalah, bisa baca panduannya di sini: Cara Menghapus Aplikasi di Laptop.

Source logo in thumbnail: Vectorstock.com

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *